Saturday 6 May 2023

[Review] Evil Dead Rise: Iblis Mematikan Kembali Bangkit Dan Merasuki Ibu Tiga Anak!



#Descriptions:
Title: Evil Dead Rise (2023)
Casts: Lily Sullivan, Alyssa Sutherland, Morgan Davies, Gabrielle Nichols, Nell Fisher, Richard Crouchley, Mirabai Pease, Anna Maree Thomas, Jayden Daniels, Billy Reynolds, Tai Wano
Director: Lee Cronin
Studio: New Line Cinema, Renaissance Pictures, Warner Bros Pictures


#Synopsis:
Beth (Lily Sullivan) memutuskan pergi meninggalkan pekerjaannya sebagai teknisi peralatan Band di Los Angeles setelah mengetahui dirinya hamil. Beth kemudian memilih untuk mengunjungi kakaknya, Ellie (Alyssa Sutherland) yang tinggal bersama dengan ketiga anaknya yaitu Danny (Morgan Davies), Bridget (Gabrielle Nichols) dan Kassie (Nell Fisher). Setibanya di Apartment, Beth terkejut saat mengetahui kakaknya itu sudah lama bercerai. Ellie dan ketiga anaknya mau tak mau harus segera pindah dari Apartment karena sudah lama menunggak. Selain itu, pihak pengelola gedung juga sudah meminta semua penghuni untuk segera mengosongkan Apartment karena akan segera diruntuhkan untuk dibangun komplek Apartment yang baru.


Malam semakin larut, terjadi guncangan gempa yang melanda sekitar Apartment. Danny, Bridget dan Kassie yang sedang berada di area parkir seketika panik dan langsung mencari tempat yang aman. Setelah guncangan gempa mereda, Danny menemukan celah besar di sekitar area parkir. Ia pun masuk ke dalam celah tersebut dan menemukan sebuah ruangan bawah tanah. Disana, ia melihat banyak kotak arsip dan mengambil beberapa piringan hitam dan sebuah buku dengan sampul yang aneh. Danny yakin jika barang-barang tersebut bisa dijual dengan harga yang tinggi karena terlihat seperti benda antik. Namun Bridget dan Kassie meminta Danny untuk segera mengembalikan barang-barang tersebut ke tempatnya agar tidak dimarahi oleh ibu mereka.
Setelah anak-anak kembali ke unit Apartment, Ellie dan Beth akhirnya tenang. Mereka semua masuk dan merapikan ruangan dan beberapa barang yang terjatuh gara-gara gempa tadi. Sementara itu, Ellie sibuk mengumpulkan pakaian-pakaian kotor untuk dititipkan ke Laundry. Kejadian naas menimpa Ellie disaat dirinya sedang turun ke parkiran menggunakan lift. Ia diserang oleh makhluk tak kasat mata hingga mengalami luka-luka. Ellie kemudian kembali ke unit Apartment nya. Melihat gerak-gerik dari Ellie yang aneh membuat Beth dan yang lainnya curiga. Ellie kemudian berusaha menyerang Beth dan tak lama setelah itu, Ellie meminta Beth untuk melindungi Danny, Bridget dan Kassie dari sosok berbahaya yang kini ada dalam diri Ellie.


Setelah kejadian itu, kondisi fisik dan kelakuan Ellie semakin aneh. Beth khawatir saat melihat kakaknya yang semakin pucat dan suhu tubuhnya terus meningkat. Mereka yang panik lalu memasukan Ellie ke Bathtub kamar mandi agar suhu tubuhnya kembali normal. Namun setelah itu, Ellie tersadar dan mengalami kesurupan. Beth dan Danny yang terkejut berusaha kabur dan meminta Bridget dan juga Kassie untuk bersembunyi di kamar. Perilaku Ellie semakin tak terkendali dan berusaha untuk menyerang siapa pun yang ada di hadapannya.



Melihat perilaku ibunya yang semakin menggila membuat Danny akhirnya berkata jujur kepada Beth tentang buku misterius serta tiga piringan hitam yang ia bawa dari ruang bawah tanah. Salah satu piringan hitam itu berisi rekaman suara seorang pendeta yang tak sengaja membaca mantra mistis yang mengakibatkan sosok entitas berbahaya bangkit. Gambar-gambar yang ada dalam buku misterius bernama Naturom Demento itu memperlihatkan banyak sekali simbol serta sosok mengerikan untuk manusia. Danny merasa bersalah karena telah membawa buku tersebut dan menyebabkan ibunya kini dikendalikan oleh iblis.


Beth berusaha untuk mencari cara agar bisa menghentikan serangan dari iblis yang merasuki tubuh Ellie. Ia kemudian mencoba memutar kembali semua piringan hitam rekaman tersebut untuk mencari petunjuk tentang cara menghentikan serangan iblis berbahaya itu. Akankah Beth, Danny, Bridget dan Kassie berhasil selamat dari tragedi penuh darah yang dilakukan Ellie?


#Review:
THE EVIL DEAD (1981) merupakan salah satu franchise film Horror Slasher asal Hollywood yang masih eksis dan paling sering diperbincangkan oleh penonton sampai saat ini. Dalam kurun 42 tahun terakhir, tercatat ada lima judul film layar lebar dan satu serial televisi yang sudah dirilis. Terbaru, film EVIL DEAD RISE (2023) karya sutradara Lee Cronin akhirnya rilis juga di bioskop Indonesia mulai Jum'at, 5 Mei 2023.


Untuk segi cerita, film EVIL DEAD RISE (2023) menurutku tidak memberikan sesuatu yang baru, karena plot ceritanya terbilang mainstream dan predictable untuk film-film Horror Slasher Hollywood. Jika film-film EVIL DEAD (2013) sebelumnya selalu menggunakan rumah kabin di dalam hutan sebagai tempat siksaan bagi karakternya, sutradara Lee Cronin mencoba hal baru dengan menggunakan set lokasi sebuah Apartment tua dengan segala kerusakan yang ada di dalamnya. Meskipun berpindah tempat, keseruan cerita dari film EVIL DEAD RISE (2023) kali ini tetap terjaga dengan baik dan maksimal. Serangkaian adegan Jump Scared selalu berhasil mengagetkan penonton. Adegan Slasher Gore yang menjadi jualan utama franchise film Evil Dead juga tak kalah brutal di film ini. Parade adegan keji yang dilakukan Ellie sukses bikin siapapun yang melihatnya bakal merasakan ngilu-ngilu sedap. Yang membuatku takjub dari film ini yaitu penggunaan 6.5 ton liter darah untuk adegan final. Literally banjir bandang darah merah disepanjang durasi film ini.



Nobar EVIL DEAD RISE (2023) penuh rasa ngilu persembahan CineCrib!

Untuk jajaran pemain, performance Alyssa Sutherland sungguh luar biasa sebagai karakter Ellie yang dikendalikan iblis biadab. Postur wajah dan gerak-gerik dari Alyssa memang sudah terlihat menyeramkan sih dari awal film juga hahaha. Serangkaian aksi brutalnya benar-benar bikin para penonton menghela nafas dan gregetan. Penampilan Lily Sullivan dan ensemble cast anak-anaknya juga tak buruk. Mereka berhasil berkolaborasi dengan maksimal. Moment final battle di akhir cerita sukses menjadi mimpi buruk untukku.
Overall, film EVIL DEAD RISE (2023) tampil sangat maksimal sebagai sajian Horror Slasher dari Hollywood. Tak perlu serba nanggung, yang penting tumpahan darah dimana-mana! Gilaa!


[8/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment