Wednesday 22 May 2024

[Review] Do You See What I See - First Love: Kisah Cinta Tak Biasa Antara Manusia Dengan Pocong!



#Description:
Title: Do You See What I See - First Love (2024)
Casts: Diandra Agatha, Shenina Cinnamon, Yesaya Abraham, Sonia Alyssa, Jessica Shaina, Nyimas Ratu Rafa, Sarah Felicia, Melly Saripah, Irgy Fahrezi, Melly Saripah, Noval TB
Director: Awi Suryadi
Studio: Pichouse Films, MD Pictures


#Synopsis:
Seperti tahun-tahun sebelumnya, setiap Mawar (Diandra Agatha) berulang tahun selalu menyempatkan diri untuk ziarah ke makam kedua orangtuanya. Kali ini, Mawar yang baru menginjak usia 20 tahun mendatangi makam saat sore hari seorang diri karena adiknya, Melati (Nyimas Ratu Rafa) sedang berada di luar kota. Saat ziarah di makam kedua orangtuanya, Mawar mencurahkan hatinya termasuk ia ingin memiliki pacar. Setelah selesai ziarah, Mawar langsung pulang ke kost.
Tiba di kost, Mawar disambut oleh ketiga sahabatnya yaitu Vey (Shenina Cinnamon), Tika (Sonia Alyssa) dan Dona (Nyimas Ratu Rafa). Disana juga Vey kedatangan pacarnya, Alex (Yesaya Abraham) yang sedang mengerjakan tugas kampus bersama. Melihat ekspresi Mawar yang salah tingkah dan senyam-senyum membuat ketiga sahabatnya curiga jika Mawar diantar pulang oleh pria. Mawar hanya bisa tersenyum bahagia lalu pergi menuju kamarnya.
Keesokan harinya, Vey, Mawar, Tika dan Dona beraktifitas seperti biasa di kampus. Saat Vey dan Mawar berjalan menuju kelas, Mawar melihat Alex yang sedang berjalan berdua dengan Lina (Sarah Felicia) dan mengatakan jika mereka berdua selingkuh di belakang Vey. Mendengar hal tersebut membuat Vey terkejut. Alex pun mengatakan jika Lina adalah teman satu kelasnya yang sedang mempersiapkan project untuk acara kampus.
Saat menuju tengah malam, pengelola kost yaitu Mpok Atik (Melly Saripah) melihat Mawar sedang di dapur sedang membuat dua gelas minuman dan menghiraukan pertanyaan Mpok Atik yang menanyakan perihal tamu yang menemui Mawar. Pagi harinya, Mpok Atik sibuk membersihkan noda kotor dari tanah yang ada di ruang tamu kost. Tak lama setelah itu, Alex datang untuk menjemput Vey berangkat ke kampus. Saat Alex berjalan menuju kamarnya Vey. Ia mendengar suara asing dari kamar Mawar. Ia pun mencoba mengintip dari jendela dan terkejut saat melihat ada sepasang mata yang menatapnya dari dalam jendela. Alex terkejut dan langsung turun bersama Vey tanpa memberitahu apa yang ia lihat barusan. Sepulang dari kampus, Mawar akhirnya mengaku pada Vey jika ia sedang dekat dan berpacaran dengan seorang pria bernama Mas Restu. Mendengar hal tersebut membuat Vey lega karena sahabatnya itu sedang jatuh cinta untuk yang pertama kalinya.
Hari demi hari terus berlalu. Setelah berpacaran, sikap Mawar jadi berubah. Mawar jadi jarang berkumpul bersama, absen kuliah dan selalu pergi dari kost saat tengah malam. Vey makin curiga jika Mas Restu membawa pengaruh buruh kepada Mawar. Namun kecurigaan Vey tersebut dibarengi juga dengan serangkaian kejadian mistis yang sering terjadi di kost. Vey, Tika dan Dona berusaha mencari tahu identitas dari Mas Restu namun hasilnya sia-sia. Lalu, siapakah sebenarnya Mas Restu yang merupakan cinta pertama dari Mawar?


#Review:
Rumah produksi MD Pictures dan Pichouse Films kembali hadir meramaikan genre film horror Indonesia dengan merilis film terbaru berjudul DO YOU SEE WHAT I SEE - FIRST LOVE (2024). Film ini diadaptasi dari Podcast Horror di Spotify milik Rizky Ardi Nugroho atau yang lebih familiar dengan nama Mizter Popo. Awi Suryadi dan Lele Laila kembali berkolaborasi sebagai sutradara dan penulis skenario untuk film ini.


Untuk segi cerita, premis yang dihadirkan oleh film DYSWIS - FIRST LOVE (2024) ini terbilang unik karena mengisahkan tentang manusia yang dibuat jatuh hati kepada makhluk gaib berwujud pocong. Elemen misteri yang menyelimuti karakter Mawar dan pacarnya cukup berhasil memancing rasa penasaran teman-temannya termasuk para penonton. Menariknya, Awi Suryadi dan Lele Laila kali ini tidak seenak jidat dalam menampilkan visual pocong. Bahkan di paruh awal film saja, plot lebih fokus mendalami masing-masing karakter tanpa adegan horror yang bertubi-tubi. Selain cerita cinta pertama, film ini juga turut menampilkan tentang coming of age serta persahabatan penghuni kost yang selalu saling tolong menolong. Penonton akan mudah bersimpati terhadap karakter Mawar yang cantik dan masih polos tentang hubungan asmara. Vey yang tegas dan to the point layaknya leader dalam sebuah pertemanan, Tika yang berprofesi sebagai penyiar radio dengan sikap tenangnya dan Dona yang paling cerewet serta ingin tahu apapun. Aku suka cara Lele Laila saat Mawar akhirnya memperkenalkan Mas Restu kepada ketiga temannya. Terror pocong yang gentayangan di kost-an mereka eksekusinya sangat mencekam.


Design produksi dan teknis yang dilakukan oleh Awi Suryadi untuk menghadirkan atmosfer horrornya jempolan banget. Terror mistis yang terjadi di kost-an, ruangan siaran radio, lorong-lorong gelap dan kuburan asli sukses membuatku tak nyaman ketika menonton film DYSWIS - FIRST LOVE (2024) ini. Selain itu, teknik pengambilan gambar dan penempatan kamera nya juga bagus banget. Tak sedikit shoot-shoot menarik dalam film ini seperti pengambilan ekspresi wajah dengan close-up, teknik point of view yang membuat penonton serasa terlibat langsung bersama para karakter yang ada di film ini. So far, visualisasi film DYSWIS - FIRST LOVE (2024) menjadi salah satu yang terbaik dari Awi Suryadi setelah BADOET (2015), DANUR 3 (2019) dan KISAH TANAH JAWA (2023).



Untuk jajaran pemain, penampilan debut dari Diandra Agatha di film horror ternyata tidak mengecewakan. Sifat polos dan cerianya terpancar kuat, ditambah lagi saat perubahan drastis menjadi serba misterius pun bagus. Ensemble cast pendukung seperti Shenina Cinnamon, Sonia Alyssa dan Jessica Shaina juga berhasil membangun chemistry persahabatan anak kost yang believable. Namun sayang, cerita persahabatan para anak kost disini sedikit terganggu oleh subplot drama pacaran dan selingkuh lewat karakter Alex yang diperankan Yesaya Abraham. Jujur, penampilan Yesaya tidaklah buruk, namun kemunculan dia dengan komedinya terasa nanggung. Andai saja subplot komedi dan perselingkuhan ini dihilangkan, pasti akan jauh lebih efektif dalam penceritaan.
Overall, film DO YOU SEE WHAT I SEE - FIRST (2024) bakal masuk salah satu film horror Indonesia terfavorit di tahun ini. Premis sederhana, unik dan diselesaikan dengan cara yang memuaskan!


[8/10Bintang] 

0 comments:

Post a Comment