Friday 1 December 2017

[Review] Mata Batin: Melihat Sosok Tak Kasat Mata Dengan Membuka MataBatin



#Description:
Title: Mata Batin (2017)
Casts: Jessica Mila, Citra Prima, Bianca Hello, Denny Sumargo, Epy Kusnandar, Anita Hara
Director: Rocky Soraya
Studio: Hitmaker Studios


#Synopsis:
Abbel (Bianca Hello) semenjak kecil sudah memiliki kemampuan untuk melihat, mendengar dan merasakan hal-hal tak kasat mata yang ada disekitarnya. Awalnya kedua orangtua Abbel dan kakaknya yaitu Alia (Jessica Mila) tidak mempercayai hal-hal yang Abbel rasakan. Tapi, suatu malam, Abbel mengalami kejadian mengerikan. Ia diserang oleh sosok misterius yang ada dirumah mereka. Abbel terluka dan mereka memutuskan untuk pindah dari rumah tersebut.
Beberapa tahun kemudian, Alia yang tengah bekerja di Bangkok mendapat kabar duka dari Indonesia. Kedua orangtuanya mengalami kecelakaan mobil hingga tewas ditempat. Mau tak mau, Alia harus pulang ke Indonesia untuk menemani Alia yang kini seorang diri. Beruntung Davin (Denny Sumargo), pacar dari Alia bersedia menemani Alia untuk menemani kembali ke Indonesia. Ditengah kabar duka itu, Alia dan Abbel juga mau tak mau harus kembali ke rumah milik keluarga mereka lantaran rumah yang kini Abbel tempati adalah rumah dinas dari perusahaan almarhum ayah mereka.
Dilanda rasa takut dan khawatir, Abbel sempat menolak untuk kembali ke rumah masa kecil mereka. Tapi dengan paksaan Alia yang tak mempercayai hal-hal mistis, ia kemudian mau pindah ke rumah mereka. Setibanya dirumah, Abbel, Alia dan Davin bertemu dengan Asep (Epy Kusnandar), asisten rumah tangga keluarga Abbel dan Alia yang tengah membersihkan rumah.
Tinggal di rumah masa kecilnya ternyata benar, membuat Abbel semakin merasakan gangguan mistis. Hingga akhirnya Abbel memutuskan untuk memberitahukan kakaknya untuk menemui Windu (Citra Prima), seorang paranormal yang selalu menjadi tempat konsultasi almarhum ibu Abbel dan Alia ketika Abbel mengalami gangguan gaib.
Alia yang bersikukuh tidak percaya dengan hal-hal diluar nalar manusia kemudian meminta kepada Windu untuk membukakan Mata Batinnya yang masih tertutup. Meskipun sudah dijelaskan akan apa akibatnya jika Mata Batin sudah dibuka, Alia tetap ingin Mata Batinnya dibuka.
Usai dibukakan Mata Batinnya, Alia lalu perlahan lahan merasakan hal tak kasat mata yang ada disekitarnya. Alia juga mendapatkan serangan dari sosok-sosok misterius yang sama seperti yang Abbel  alami. Hingga puncaknya Alia mengalami kerasukan dan mengetahui asal-usul para sosok misterius yang selalu menghantui keluarganya.

#Review:
Rumah Produksi Hitmaker Studios dari 5 tahun ke belakang sudah menjadi seperti Rumah Produksi spesialis Film Indonesia bergenre horror. Memulai debutnya dengan Film RUMAH KENTANG (2012), lalu kemudian, tahun demi tahun merilis film-film horror lainnya yang hasilnya selalu mendapat jumlah penonton yang baik. Meskipun terkadang, beberapa filmnya tidak menjadi sebuah film horror yang baik.
Tahun 2016 menjadi tahun pertama sang produser Rocky Soraya terjun menjadi sutradara di rumah produksinya. Film THE DOLL (2016) menjadi film horror perdananya sebagai seorang sutradara. Ternyata mengejutkan! Kualitas horror Film yang dibintangi Shandy Aulia dan Denny Sumargo ini cukup memuaskan. Film ini pun menjadi salah satu Film Horror Indonesia terlaris ketika rilis di Bioskop Indonesia kala itu. Melihat pencapaian serta respon positif untuk filmnya, Rocky Soraya dan rumah produksinya bergerak cepat membuat sekuelnya berjudul THE DOLL 2 (2017) yang kali ini dibintangi Luna Maya dan Herjunot Ali. Hasilnya pun lagi-lagi mendapat respon positif dan bahkan mampu melampaui apa yang telah dicapai oleh seri pertamanya.
Masih ditahun 2017, Rocky Soraya bergerak cepat untuk kembali membuat film horror. Kali ini mengangkat cerita tentang gangguan mistis yang dialami oleh seseorang yang mempunyai indera ke-6 berjudul MATA BATIN (2017). Banyak yang beranggapan Rocky Soraya terlalu latah merilis dua film horror sekaligus dalam satu tahun. Proses produksi dan shooting film yang dibintangi Jessica Mila dan Denny Sumargo ini juga terbilang sangat singkat, yaitu kurang dari satu bulan. Ketika trailer dan poster resmi nya dirilis pun banyak para netizen yang kurang respect lantaran terlalu "sederhana". Lantas apakah Film MATA BATIN (2017) ini hasilnya "sederhana" seperti trailer dan posternya?


Rocky Soraya bekerjasama dengan Fajar Umbara dan Riheam Julianti menghadirkan Film MATA BATIN (2017) dengan plotline yang rapi. Tak hanya itu saja, film ini juga mempunyai penjelasan tentang hal-hal gaib yang sangat menarik untuk diikuti dan terasa begitu real. Dua plot twist yang dihadirkan pun cukup oke dan masuk akal. Film MATA BATIN (2017) ini terasa seperti perpaduan antara film-film Hitmaker Studios sebelumnya yakni: RUMAH KENTANG (2012), MALL KLENDER (2014), THE DOLL 1 (2016) dan THE DOLL 2 (2017)
Untuk segi visual pun Film MATA BATIN (2017) memberikan tampilan yang cukup memuaskan. Setting lokasi dan gambar yang selalu terkesan luxury dan grande tetap dihadirkan oleh Rocky Soraya disini. Suasana exorcism khas film hollywood yang ada dalam film ini sukses memberikan suasana ngeri. Sensasi gore-slasher juga kembali dihadirkan dalam film ini.


Jajaran pemain pun tampil memberikan performa memuaskan. Rocky Soraya sukses membuat sosok Jessica Mila keluar dari comfort zone nya dalam film ini. Totalitas banget! Efek ngeri yang dihadirkan Jessica Mila mampu satu level dengan Luna Maya dalam Film THE DOLL 2 (2017). Citra Prima pun memberikan penampilan yang kali ini cukup memuaskan dengan segala penjelasan hal-hal mistis nya. Meskipun tampil minimalis, Denny Sumargo cukup sukses menghadirkan sosok Davin yang selalu mendampingi Alia.
Untuk segi angle kamera, dalam film MATA BATIN (2017) ini mempunyai gerakan kamera yang jauh lebih dinamis dan mempesona dibandingkan film-film Hitmaker Studios sebelumnya. Musiknya pun sukses memberikan efek kejut meskipun ada beberapa suara halilintar yang terlalu sering muncul disepanjang film.
Overall, Don't judge this movie from the trailer and official poster. MATA BATIN (2017) is one of the Best Horror Local Movie of the year after THE DOLL 2 (2017) and PENGABDI SETAN (2017)!



[8.5/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment