Monday 23 July 2018

[Review] Mamma Mia 2: Reuni Keluarga Dan Sahabat Keluarga Bella Donna


#Description:
Title: Mamma Mia 2: Here We Go Again (2018)
Casts: Lili James, Meryl Streep, Amanda Seyfried, Pierce Brosnan, Dominic Cooper, Colin Firth, Andy Garcia, Stellan Skarsgard, Julie Walters, Cher, Christine Baranski, Jeremy Irvine, Josh Dylan, Hugh Skinner, Jessica Keena Wynn, Alexa Davies
Director: Ol Parker
Studio: Universal Pictures, Legendary Pictures


#Synopsis:
Sophie (Amanda Seyfried) ingin mewujudkan mimpi almarhum Ibunya, Donna (Meryl Streep, Lily James) untuk membuka kembali Hotel Bella Donna di pulau Kalokairi, Yunani yang telah lama tutup operasional. Sophie sendiri bahkan rela meninggalkan suaminya, Sky (Dominic Cooper) yang bekerja di Amerika Serikat demi impian ibunya itu. Disana, Sophie tidak sendiri, ia dibantu sang ayah Sam (Pierce Brosnan) beserta dengan manager hotel dan para pegawainya.


Sophie mengundang beberapa orang penting untuk menghadiri acara grand re-opening hotelnya itu. Ia juga mengundang kedua "ayah" lainnya yaitu Bill (Stellan Skarsgard) dan Harry (Colin Firth). lalu kedua teman baik ibunya, Tanya (Christine Baranski) dan Rosie (Julie Walters). Namun sebelum pesta grand re-opening itu dimulai, badai menghantam pulau Kalokairi. Semua akses menuju ke pulau tersebut ditutup. Akses melalui laut dan udara ditutup pada hari itu. Akibatnya banyak tamu-tamu penting membatalkan untuk menghadiri acara itu. Sophie merasa sangat sedih atas kejadian yang tidak bisa diprediksi itu. Ia yakin almarhum ibunya akan ikut sedih disana melihat semua persiapan yang telah dipersiapkan menjadi berantakan.
Sophie merasa mempunyai ikatan batin yang sangat kuat dengan sang ibu ketika berada di pulau tersebut. Pulau dan hotel yang kini berdiri disana adalah tempat sekaligus saksi bersejarah dari nol perjalanan Donna, ibunya mulai dari kehidupan, asmara dan hingga membangun sosialnya. Donna pada saat remaja datang ke pulau tersebut untuk mewujudkan dan mendapatkan kehidupan yang ia impikan selama ini, karena selama ia tinggal bersama dengan ibunya Ruby Sheridan (Cher) semua impiannya itu sulit untuk menjadi nyata.


Tak mau orang terdekatnya sedih, sang ayah, Sam dibantu dengan Bill dan Harry mengajak orang-orang disekitar pelabuhan untuk datang ke acara grand re-opening itu. Para warga antusias mendengar ajakan Sam, Bill dan Harry. Tak hanya itu saja, Sam diam-diam menghadirkan suami Sophie, yaitu Sky untuk datang sebagai kejutan berikutnya. Melihat segala usaha yang dilakukan sang ayah, membuat Sophie sangat bahagia. Ditambah lagi Sophie kini tengah hamil muda. Sophie dan Sky akan menjadi ibu dan ayah. Sophie begitu tak percaya ia mendapatkan kabar kehamilannya tepat sedang berada di pulau yang sama dengan almarhum ibunya ketika mengandungnya.


#Review:
Bagi para pecinta film, siapa yang tak mengenal film MAMMA MIA (2008) yang dirilis sepuluh tahun silam. Film drama musikal yang dibintangi Meryl Streep dan Amanda Seyfried ini sukses mencuri perhatian pecinta film dunia dan dinobatkan sebagai salah satu film drama musikal Hollywood terfavorit dan terbaik sepanjang masa. Tak hanya itu saja, film ini juga dihadirkan dalam versi pentas teatrikal yang sudah berkeliling dunia dan bahkan hadir juga versi Broadway nya.
Sepuluh tahun berlalu, Universal Pictures menghadirkan kelanjutan cerita Donna beserta dengan anaknya Sophie pada moment summer 2018 tahun ini. Banyak para pecinta film menunggu sekuel MAMMA MIA 2: HERE WE GO AGAIN! (2018) ini tayang di bioskop.


Untuk segi cerita, sekuelnya ini menghadirkan dua cerita sekaligus. Cerita pertama yaitu tentang kelanjutan cerita kehidupan Sophie yang kini sudah menikah dan ingin membangun kembali hotel Bella Donna milik almarhum ibunya. Cerita keduanya tentang flashback sosok Donna ketika masih remaja dan bagaimana ia berjuang hidup di pulau Kalokairi. Beruntung, film ini dalam menggabungkan kedua cerita itu dilakukan dengan amat baik dan rapi. Cara menghubungkan antara masa remaja Donna dengan masa kini yang diwakili oleh Sophie sangat bagus banget nyaris tanpa cela. Kedua cerita itu juga tampil kuat satu sama lain. Kita sebagai penonton tak dibuat berat sebelah dan diberi rasa simpati  ketika menyaksikan dua cerita tersebut.
Yang aku suka berikutnya adalah moment musikal dalam film ini jauh lebih ear-catchy dibandingkan jilid pertamanya. Deretan lagu yang dihadirkan disepanjang film begitu pas sesuai dengan isi cerita. Tak ada rasa bosan ketika menonton jilid keduanya ini. Musik-musik yang mengiringi adegan juga sangat enak dan secara tak sadar kaki, kepala dan jari tangan ikut bergerak-gerak ketika lagu dan musik dalam ini muncul.


Untuk segi sinematografi nya juga film ini cukup segar. Pemandangan tebing bebatuan, laut biru, langit biru serta pemukiman warga dihadirkan begitu indah memanjakan mata. Meskipun entahlah mataku ini, ada beberapa adegan seperti menggunakan efek CGI dan masih terlihat tidak smooth. Tapi hal itu langsung bisa dimaklumi lantaran sudah dibuat jatuh hati oleh musik-musiknya.
Poin terbaik berikutnya dari MAMMA MIA 2 (2018) ini adalah deretan ensemble casts nya yang memukau. Mayoritas pemain lama masih bergabung. Hal ini membuatku sedikit terharu melihat sekuelnya yang serasa seperti reuni akbar MAMMA MIA. Performa seluruh castsnya pun jempolan. Amanda Seyfried tampil semakin oke dan matang. Suaranya bagus banget. Lily James surprisingly juga oke banget dalam memerankan sosok Donna ketika masih remaja. Gesture, dialog serta suaranya gila sih oke punyaa! Jajaran pemain pendukungnya juga jempolan memberikan moment lucu. Kedua teman Donna versi remaja dan dewasa sama-sama humoris! Ketiga pria yang hadir di hidup Donna juga semakin memeriahkan cerita. Aku cuma sedikit terganggu dengan karakter nenek Ruby yang diperankan oleh Cher. Gak tau kenapa ya, aku merasa kehadirannya terlalu dipaksakan untuk hadir. Yang cukup mengejutkan adalah karakter Donna yang diperankan Meryl Streep pada paruh pertama film seperti disembunyikan dengan rapat-rapat. Ini sedikit membuatku kesal karena salah satu alasanku untuk menonton film ini adalah Meryl Streep. Namun ketika menuju pertengahan, barulah sosok Donna yang menghilang itu diceritakan. Rasa penasaranku akan Meryl Streep serasa terbayar dan terpuaskan sudah pada ending film yang begitu apik, mengesankan sekaligus mengharukan! Merinding sekaligus menahan haru melihat akhir cerita film ini. Keren banget!


Aku sarankan sebelum nonton film ini, sempatkanlah nonton jilid pertamanya terlebih dahulu biar sensasi nostalgia, merinding, terharu dan indahnya semakin terasa!


[8.5/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment