Friday 10 February 2023

[Review] Dear David: Kisah Fantasi Siswi Sekolah Yang Jadi Viral Di Sosial Media



#Description:
Title: Dear David (2023)
Casts: Shenina Cinnamon, Emir Mahira, Caitlin North Lewis, Jenny Zhang, Maya Hasan, Agnes Naomi, Palestina Irtiza, Michael James Olindo, Firas Yodha, Anne Yasmine
Director: Lucky Koeswandi
Studio: Palari Films, Netflix


#Synopsis:
Laras (Shenina Cinnamon) adalah siswi berprestasi di SMA Pelita Cahaya. Berkat kepintarannya itu, ia berhasil mendapatkan bantuan beasiswa dari yayasan sekolah. Laras juga sering diandalkan oleh ibu guru (Jenny Zhang) untuk membimbing para siswa meraih nilai bagus dalam berbagai mata pelajaran.
Selain berprestasi, Laras juga mempunyai bakat yang ia sembunyikan yaitu menulis. Untuk menyalurkan kemampuannya itu, Laras menulis banyak cerita fiksi sensual yang ia tulis online di internet. Dari banyaknya judul cerita yang sudah dibuat, ia mempunyai satu karakter fiksi idaman bernama David (Emir Mahira). Cerita yang ditulis Laras tentang David itu selalu menonjolkan hal-hal seksual, karena dengan menulis, ia bisa berimajinasi dengan bebas tentang hasrat seksualnya tanpa diketahui oleh orang lain.
sosok karakter David yang ditulis oleh Laras terinspirasi dari siswa bernama David juga yang ada di sekolah. David sendiri merupakan siswa tampan yang aktif sebagai salah satu anggota pemain sepak bola yang ada di sekolah. Diam-diam Laras memang memendam rasa suka pada David, namun ia tidak pernah berani menunjukkan perasannya karena Laras sadar diri ia hanya siswa miskin yang mengandalkan beasiswa.
Suatu hari, Laras dibuat patah hati saat melihat foto David dan Dilla (Caitlin North Lewis) yang sedang berada di satu toilet tersebar di grup chat kelas. Ia pun kemudian mencurahkan rasa sedihnya dengan menulis cerita terbaru berjudul Dear David yang ia tulis di ruang komputer sekolah. Lewat tulisannya itu, Laras mengisahkan tentang seorang permaisuri yang mempunyai budak dan harus melayani semua keinginan permaisuri. Jam istirahat pun tiba. Laras langsung pergi, logout akun cerita online nya dan meninggalkan ruang komputer.
Keesokan harinya, cerita Dear David yang ditulis oleh Laras itu viral di sosial media. Hal tersebut membuat heboh seluruh siswa karena cerita Dear David sangat vulgar. Laras panik dan langsung pergi ke ruang komputer sekolah untuk mengecek sekaligus menghapus jejak aktivitas internet agar tidak ketahuan jika Laras adalah penulisnya. Viralnya cerita Dear David pun diketahui oleh pihak yayasan sekolah. Ibu guru pun langsung melakukan penelusuran tentang siapa penulis dan pelaku penyebaran tulisan tersebut.
Beberapa siswa curiga jika penulis cerita vulgar Dear David itu adalah Dilla, karena selama ini Dilla dikenal sebagai siswi yang selalu mengumbar keseksian tubuhnya di sosial media. Selain itu, Dilla juga pernah digosipkan pernah berhubungan seksual di ruang olahraga dengan Arya (Michael James Olindo).
Pihak sekolah langsung memanggil Dilla untuk menanyakan tentang kebenaran kabar tersebut. Saat diinterogasi, Dilla sangat yakin jika ia bukanlah pelaku yang menulis dan menyebarkan cerita Dear David.
Seiring berjalannya waktu, cerita-cerita lain tentang David terus bermunculan dan semakin viral di sosial media. Seluruh siswa semakin berimajinasi dan juga mengidolakan David. Namun hal tersebut membuat David sangat malu dan selalu menjauhi teman-temannya. David jadi sering dilanda serangan panik dan kecemasan berlebih sehingga berdampak pada performa nya saat bermain sepak bola. Setelah mengamati dengan seksama, David curiga jika penulis cerita Dear David itu bukanlah Dilla melainkan Laras. Hal tersebut berdasarkan dari salah satu kalimat pada cerita yang berasal dari ucapan Laras saat kampanye pemilihan ketua OSIS.
Laras pun akhirnya berkata jujur dan meminta maaf pada David jika penulis cerita-cerita yang sedang viral itu adalah dirinya. Laras meminta pada David untuk tidak memberitahu pihak sekolah karena ia takut kehilangan beasiswa dan dikeluarkan dari sekolah. Laras pun siap melakukan apa saja demi David. Mendengar penawaran tersebut, David langsung meminta bantuan pada Laras untuk menjodohkannya dengan Dilla. Laras pun bersedia meskipun ia cukup patah hati saat mengetahui jika selama ini David menyukai mantan sahabatnya itu.
Seiring berjalannya waktu, Laras mencoba untuk kembali dengan Dilla setelah sekian lama putus hubungan pertemanan. Perlahan hubungan keduanya membaik. Mereka saling minta maaf atas segala salah paham yang pernah terjadi. Laras kemudian mengatur rencana untuk mendekatkan Dilla dan David. Disaat semua rencana berjalan lancar hingga akhirnya mereka berpacaran, ternyata Laras merasakan patah hati melihat David berpacaran bukan dengan dirinya.
Permasalahan muncul saat hubungan Dilla dengan David memburuk. Satu persatu rahasia yang disimpan mereka bertiga akhirnya terkuak. Apa yang sebenarnya terjadi diantara mereka bertiga?


#Review:
Netflix Indonesia merilis konten Original Film terbarunya yang berjudul DEAR DAVID (2023). Film produksi Palari Films ini disutradarai oleh Lucky Kuswandi, kreator dari film ALI & RATU-RATU QUEENS (2021) yang sama-sama konten Original Film dari Netflix.


Aku berkesempatan hadir pada pemutaran perdana film DEAR DAVID (2023) secara eksklusif di bioskop pada Rabu (8/2) lalu di Cinema XXI Epicentrum, Jakarta Selatan. Terima kasih @HabisNontonFilm atas invitationnya! Pada kesempatan tersebut, tiga pemain utama yang ditemani sutradara dan produser mengadakan sesi tanya jawab setelah pemutaran film. Hal menarik diungkapkan oleh Shenina Cinnamon saat pertama kalinya menjalani proses reading. Ia diminta oleh Lucky Kuswandi untuk membuat tiga cerita fantasi terliar versi Shenina sebelum mendalami karakter Laras. Menurut sang sutradara, treatment tersebut ia lakukan agar bisa menciptakan visual fantasi yang sesuai dengan usia remaja perempuan, serta melihat dampak yang terjadi saat fantasi tersebut diketahui banyak orang. Selain Shenina, Emir Mahira juga mengucapkan rasa syukurnya bisa dipercaya untuk terlibat dalam film ini. Sambil bercanda, Emir mengaku sempat insecure karena come back nya ke industri perfilman di usia yang kini sudah beranjak dewasa malah banyak mengalami kegagalan saat proses casting. Saat Emir dikabarkan lolos casting untuk film ini ia sangat senang karena bisa main film yang disutradarai oleh Lucky Kuswandi. Selain itu, para pemain juga semakin excited terlibat di film DEAR DAVID (2023) karena proses reading dan pendalaman karakter langsung dimentori oleh Marissa Anita.



Untuk segi cerita, film DEAR DAVID (2023) memiliki premis cerita yang sangat menarik perhatian penonton. Tanpa basa-basi, film angsung dibuka dengan kisah fantasi dari karakter Laras. Treatment yang dilakukan Lucky Kuswandi terhadap fantasi Laras dibuat begitu eye catching dengan visual warna-warna cerah. Set up cerita pada paruh awal berhasil membuat penonton untuk tetap stay dan penasaran dengan nasib Laras selanjutnya. Satu persatu konflik mulai ditebar disepanjang durasi film. Konflik tentang tersebarnya cerita yang ditulis Laras dibuat kompleks. Awalnya lucu dan menghibur karena pemilihan kata dan kalimat dalam cerita fantasi Laras sangat vulgar. Namun setelah itu, kejadian tersebut berdampak cukup besar pada ketiga tokoh utama film ini. Laras berusaha ingin menjadi manusia yang lebih baik lagi, David yang merasa jika ia hanyalah siswa biasa dan Dilla yang mempertanyakan akan jati dirinya itu menyatu lewat drama cinta segitiga diantara mereka. Saat film ini berfokus pada kisah cinta segitiga, plot permasalahan Laras tentang cerita sensual yang tersebar jadi sedikit terlupakan. Cukup disayangkan sih, karena set up awal yang sudah dibangun dengan baik itu harus mengalah demi drama cinta segitiga antara Laras, Dilla dan David. Terlepas dari hal tersebut, alur cerita film DEAR DAVID (2023) yang dibuat linear masih enak diikuti.



Untuk jajaran pemain, Shenina Cinnamon berhasil memerankan karakter Laras dengan ragam emosi sebagai seorang remaja perempuan yang memiliki gairah di dunia nyata maupun dunia fantasi yang ia tulis. Chemistry yang ia bangun dengan kedua teman dan juga ibunya memuaskan. Penampilan Emir Mahira juga tidaklah mengecewakan. Visualnya memang sangat cocok untuk peran-peran pria good boy. Range emosi dan pendalaman berakting panic attacknya bagus! Caitlin North Lewis mengalami peningkatan kualitas yang lumayan terlihat dibandingkan dalam film PARANOIA (2020). Sutradara dan tim penulis naskah sepertinya memang sengaja tidak mengeksplore karakter Dilla lebih luas karena melihat kapasitas sang aktris yang masih terbatas.
Overall, genre drama komedi coming of age serta tema sensitif yang diusung film DEAR DAVID (2023) terbilang segar, unik dan jarang diangkat di industri perfilman Indonesia. Jauh lebih lembut dan general ketimbang film-film Indonesia sejenis yang beberapa waktu lalu sempat tayang di bioskop.


[8/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment