Saturday 11 February 2023

[Review] Jalan Yang Jauh Jangan Lupa Pulang: Kisah Aurora Yang Telah Menemukan "Rumah" Di London



#Description:
Title: Jalan Yang Jauh Jangan Lupa Pulang (2023)
Casts: Sheila Dara Aisha, Rio Dewanto, Rachel Amanda, Ganindra Bimo, Lutesha, Jerome Kurnia, Donny Damara, Claire Driver
Director: Angga Dwimas Sasongko
Studio: Visinema Pictures, Legacy Pictures, XRM Media


#Synopsis:
Tak terasa, Aurora (Sheila Dara Aisha) sudah hampir empat tahun tinggal di London untuk melanjutkan pendidikannya. Namun dalam dua bulan terakhir, Aurora hilang tanpa kabar. Hal tersebut membuat keluarganya yang ada di Jakarta khawatir. Atas perintah orangtua, Angkasa (Rio Dewanto) dan Awan (Rachel Amanda) pun terbang ke London untuk menjenguk dan memastikan kondisi Aurora disana. Setibanya di London, Angkasa dan Awan langsung bergegas menuju ke tempat tinggal Aurora. Namun sayang, keduanya tidak langsung bertemu lantaran Aurora sudah pindah alamat. Rasa khawatir semakin meningkat, Angkasa dan Awan langsung pergi ke kantor kedutaan untuk menanyakan tentang Aurora. Setelah ditelusuri, mereka berhasil mendapatkan alamat dari teman Aurora yaitu Honey (Lutesha), orang Indonesia yang ada pada salah satu postingan akun sosial media milik Aurora.


Tiba di depan Apartment milik Honey, Angkasa terkejut saat melihat adiknya yang baru pulang bekerja sebagai kurir sepeda. Kondisi Aurora yang kini bekerja dan numpang tinggal di apartment orang lain membuat Angkasa dan Awan makin marah. Pasalnya, tujuan awal Aurora pergi ke London itu untuk melanjutkan pendidikan seni nya bukan untuk bekerja hingga numpang tinggal di rumah orang lain. Daripada hidup tidak jelas di London, Awan meminta kakaknya itu untuk pulang saja ke Indonesia dan meminta maaf pada Ayah (Donny Damara) dan Ibu (Susan Bachtiar).


Aurora pun menjelaskan segala permasalahan yang terjadi dalam dua bulan terakhir pada Angkasa dan Awan. Ia memutuskan untuk tinggal sementara di Apartment milik Honey dan Kit (Jerome Kurnia) karena terjadi pertengkaran dengan sang kekasih yaitu Jem (Ganindra Bimo). Semua usaha dan dedikasi Aurora yang selama ini telah membantu Jem untuk pameran seni di London jadi sia-sia karena alasan-alasan sepele. Jem tak terima semua karya seni yang ia ciptakan bersama dengan Aurora sepi peminat saat di pameran seni. Jem melampiaskan amarah dan kekecewaannya pada Aurora. Mendengar hal tersebut membuat Aurora sakit hati. Pertengkaran yang terjadi itu membuat tugas akhir kuliah Aurora jadi berantakan dan terancam harus mengulang satu semester di tahun depan. Aurora pun mengambil sikap dan mengakhiri hubungannya dengan Jem. Selama dua bulan terakhir, Aurora berusaha untuk bangkit dari keterpurukan dan menata kembali hidupnya yang sudah hancur itu dengan bantuan Honey dan Kit.


Mendengar penjelasan tersebut membuat Angkasa sedih dan juga marah. Ia kemudian berencana untuk balas dendam pada Jem dengan memanfaatkan Kit. Aksi penyerangan yang dilakukan Angkasa membuatnya harus ditangkap oleh pihak kepolisian. Gara-gara kejadian tersebut, semua rencana hidup Aurora yang sudah diperbaiki terancam hancur. Ia sangat kecewa karena Angkasa dan Awan selalu ikut campur dalam segala hal. Akankah Aurora bisa hidup dengan bahagia?


#Review:
Rumah produksi Visinema Pictures merilis film terbaru dari semesta NKCTHI yang berjudul JALAN YANG JAUH JANGAN LUPA PULANG (2023). Film ini melanjutkan kisah karakter Aurora setelah memilih berpisah dari keluarganya dan pergi ke London untuk melanjutkan pendidikan. Lewat sekuelnya ini, Angga Dwimas Sasongko menyajikan kisah Aurora dengan treatment non-linear.


Film dibuka dengan konflik meledak-ledak antara Aurora dengan Jem yang sebelumnya kita tidak pernah tahu mengapa mereka bertengkar. Pada bagian ini, aku yakin penonton pasti merasakan asing melihat apa yang sedang terjadi pada Aurora. Plot kemudian loncat pada kisah Aurora yang menjalani hidup bersama dengan Honey dan Kit. Kebersamaan yang terjalin diantara mereka bertiga dieksekusi dengan sangat mengesankan. Angga Sasongko berhasil menyajikan kisah persahabatan yang luar biasa hangat karena mereka memiliki kesamaan yaitu sama-sama anak perantauan. Persahabatan terjalin itu menciptakan rasa nyaman satu sama lain dan membuat mereka seperti sebuah keluarga baru yang selalu mengerti akan apa yang kita rasakan. Aku semakin jatuh hati pada film ini saat melihat keputusan yang diambil Aurora di babak akhir film. Semua kejadian yang akhirnya dijawab pada penghujung film sukses membuat hati lega, bahagia sekaligus meneteskan air mata berkali-kali. Apik banget!


Untuk ensemble casts, penampilan Sheila Dara Aisha semakin kuat dan memuaskan lewat peran Aurora. Luapan emosi dan perasaan yang selama ini dipendam akhirnya bisa tercurahkan dihadapan kedua saudaranya. Kehadiran Angkasa dan Awan yang diperankan Rio Dewanto dan Rachel Amanda juga semakin memperkuat konflik emosinal antara ketiga bersaudara ini. Selain mereka, big applause untuk Lutesha dan Jerome Kurnia yang tampil mencuri perhatian sebagai sahabat dekat Aurora. Kehadiran Honey dan Kit memberikan warna tersendiri untuk perjalanan hidup Aurora di London. Konflik yang sempat terjalin diantara mereka bertiga juga bagus banget!


Untuk urusan visual, film JYJJLP (2023) tidak terjebak pada formula basi tentang film Indonesia yang jualan pemandangan luar negeri. Angga Sasongko menggunakan set lokasi London dengan treatment yang sangat realistis. Semua adegan tampil seperti kehidupan sehari-hari yang kita jalani. Selain itu teknik dan angle pengambilan gambar dalam film ini juga lumayan eksperimental pada beberapa bagian. Hal tersebut berhasil mengajak penonton seolah ikut terlibat secara langsung dengan kehidupan para karakter di film ini. Untuk urusan scoring musik dan soundtrack, pemilihan lagu untuk film JYJJLP (2023) memang tak pernah mengecewakan. Sudah dua film, satu serial dan dua spin-off dari semesta NKCTHI memiliki poin plus untuk urusan musiknya.
Overall, film JALAN YANG JAUH JANGAN LUPA PULANG (2023) easily menjadi salah satu film Indonesia terbaik di tahun ini setelah film AUTOBIOGRAPHY (2023) dan GITA CINTA DARI SMA (2023). Siapkan tissue sebelum menonton film ini ya! Dijamin bikin nangis sejadi-jadinya!


[9/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment