Thursday 16 February 2023

[Review] Infinity Pool: Mengungkap Sisi Gelap Orang Berduit Dengan Sentuhan Thriller!



#Description:
Title: Infinity Pool (2023)
Casts: Alexander Skarsgard, Cleopatra Coleman, Mia Goth, Jalil Lespert, Amanda Brugel, John Ralston, Jeffrey Rickets, Caroline Boulton
Director: Brandon Cronenberg
Studio: Film Forge, Elevation Pictures


#Synopsis:
Seorang penulis novel bernama James Foster (Alexander Skarsgard) memutuskan untuk berliburan di resort yang ada di sebuah pulau terpencil bernama Li Toqla dengan mengajak istrinya yaitu Emma Foster (Cleopatra Coleman). James berharap dengan liburannya kali ini ia bisa menjaga keharmonisan rumah tangganya sekaligus mencari insiprasi untuk novel baru.
Suatu ketika saat keduanya sedang sarapan bersama, James dan Emma berkenalan dengan pasangan lainnya yang tengah berliburan disana yaitu Gabi (Mia Goth) dan Alban (Jalil Lespert). Gabi langsung mengenali James karena ia penggemar berat novel yang ditulis James. Mendengar hal tersebut membuat James senang. Pasalnya, novel pertama yang ia rilis itu kurang laku dipasaran. Gabi dan Alban kemudian mengajak James dan Emma untuk ikut menikmati suasana pantai Li Toqla yang lokasinya berada diluar Resort.


Keesokan harinya, mereka berempat pergi keluar Resort dan menuju pantai dengan mengendarai mobil. Disepanjang perjalanan, James melihat akses jalanan dan Resort tempat mereka menginap benar-benar terisolasi dari penduduk lokal Li Toqla. Setibanya dipinggir pantai, mereka berbincang satu sama lain sambil menikmati makanan dan minuman alkohol yang dibawa dari Resort. Waktu terus bergulir, mereka berempat mulai mabuk. Disaat James sedang buang air kecil, tiba-tiba saja Gabi menghampirinya dan memberikan Handjob. Kejadian tersebut membuat James terkejut. Gabi pun meminta James untuk diam dan tidak memberitahukan pada Emma dan suaminya. Setelah itu, mereka pun memutuskan kembali ke Resort sebelum hari semakin gelap. Karena kondisi Alban yang mabuk berat, James memilih untuk menjadi pengemudi mobil.


Dalam perjalanan pulang melewati jalanan yang sepi, tiba-tiba saja lampu mobil bermasalah. James berusaha mengendalikan mobil namun pada akhirnya mobil mereka tak sengaja menabrak seorang warga yang sedang menyebrang dan seketika tewas ditempat kejadian. James dan Emma sangat panik, mereka berusaha menolong korban namun Gabi melarangnya karena aturan hukum yang berlaku di Li Toqla sangat berbeda dan bisa membahayakan mereka semua. Gabi meminta mereka berdua untuk segera masuk ke dalam mobil dan pulang ke Resort secepat mungkin.


Keesokan harinya, James dan Emma dikejutkan dengan kedatangan beberapa polisi dan langsung membawa mereka ke kantor kepolisian. James langsung ditahan dengan kasus tabrak lari dengan ancaman hukuman mati. James pun berusaha membela diri jika dirinya tidak sepenuhnya bersalah karena kejadian tersebut adalah kecelakaan. Pihak kepolisian kemudian memberikan opsi pada James. Ia bisa terbebas dari hukuman mati dengan membayar denda dengan jumlah yang cukup besar. Setelah itu, hukuman tersebut otomatis akan dipindahkan kepada orang lain yang wajah dan bentuk fisiknya diduplikasi dari tubuh tersangka. James pun langsung bersedia membayar denda ketimbang ia harus kehilangan nyawanya. Setelah selesai membayar denda, James diwajibkan untuk melihat secara langsung proses eksekusi hukuman mati yang kini diterima oleh orang lain yang berwujud seperti dirinya.


James pun kini terbebas dari tuntutan hukum. Ia bergegas kembali ke Resort untuk menemui istrinya. Setibanya di kamar, Emma langsung meminta James untuk segera berkemas dan pergi dari Li Toqla secepatnya. Emma tak ingin lagi berurusan dengan orang-orang disana karena berbahaya. Tapi tak disangka, James memutuskan untuk menambah masa liburan di Li Toqla dengan alasan Passportnya hilang. Emma pun memilih pulang sendirian dan meninggalkan James disana.


James memperpanjang liburan di Li Toqla dan menghabiskan waktu di Resort bersama Gabi dan Alban. Selama menghabiskan siswa waktu liburan, James bergabung dengan sebuah kelompok kecil yang terdiri dari para turis asing yang bersenang-senang dengan melakukan tindakan kriminal. Kelompok tersebut melakukan banyak hal yang mengganggu seperti pesta seks, aksi perampokan, penyerangan hingga pembunuhan terhadap warga lokal demi kesenangan mereka. Saat ditangkap pihak kepolisian, mereka juga tak segan untuk membayar denda agar bisa melihat eksekusi hukuman mati kloningan diri mereka secara langsung. Semua kegilaan yang terjadi semakin mempengaruhi James. Ia tak segan untuk menyakiti orang-orang disekitarnya termasuk salah satu kloningan dirinya sendiri. Akankah James bisa terbebas dari perilaku kejam dari orang-orang biadab itu?


#Review:
Lima tahun terakhir, popularitas aktris Mia Goth di industri perfilman Hollywood semakin diperhitungkan. Wajah serta gaya bicaranya yang unik ini membuat Mia Goth menjadi langganan main di berbagai genre film. Penampilan Mia Goth semakin mendapat perhatian usai ia membintangi franchise film horror slasher X (2022) dan PEARL (2022) produksi A24.
Awal tahun ini, Mia Goth kembali hadir lewat film bergenre horror thriller fiksi ilmiah berjudul INFINITY POOL (2023). Dari trailer dan poster yang dirilis, performance Mia Goth yang disandingkan dengan aktor Alexander Skarsgard terasa sangat menjanjikan. Yang semakin membuatku penasaran, film ini mendapat kesempatan untuk tayang perdana di Sundance 2023.


Untuk segi cerita, premis dasar film INFINITY POOL (2023) ini hampir serupa dengan film TRIANGLE OF SADNESS (2022) yang mengisahkan tentang satirnya kelakuan konyol dan biadab dari orang-orang berduit. Namun di film ini, premis tersebut dikombinasikan dengan unsur horror thriller yang tidak kita temukan pada film TRIANGLE OF SADNESS (2022). Sang sutradara mencoba untuk menggali sisi konyol dan nyeleneh dari orang-orang kaya raya yang memiliki kelainan yaitu senang melihat orang lain disiksa. Konsep yang ditawarkan tentang keunikan hukum di wilayah Li Toqla sebetulnya bisa menjadi bahan cerita yang sangat menarik, namun sayang Brandon Cronenberg selaku sutradara film ini tidak menggali lebih dalam tentang keunikan tersebut. Film ini terlalu berfokus untuk mengungkap sisi gelap dari orang-orang kaya tapi gila saja. Yang cukup disayangkan selanjutnya yaitu hubungan karakter James dengan Gabi disini terasa membingungkan dan tidak memiliki kejelasan. Jika keduanya saling jatuh cinta, tapi filmnya hanya sebatas menampilkan mereka hanya having fun saja bersama dengan teman-teman mereka. Perubahan sikap dari James juga terkesan mendadak karena penonton tidak diperlihatkan seperti apa proses yang ia lalui hingga akhirnya memiliki sikap yang sama dengan mereka semua.


Untuk jajaran pemain, penampilan Alexander Skarsgard dan Mia Goth memang menjadi nyawa paling kuat di film ini. Keduanya berhasil menghidupkan karakter James dan Gabi yang ekspresif dan penuh gairah. Adegan pesta seks dan menyusui benar-benar diluar nalar! Hahahaha.
Overall, film INFINITY POOL (2023) masih banyak sekali hal yang bisa dieksplor, namun sayangnya film ini hanya terlalu fokus untuk mengungkap sisi gelap kelakuan orang kaya raya yang memiliki fetish tak biasa dalam hidup mereka.


[7/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment