Wednesday 15 February 2023

[Review] Ant-Man And The Wasp Quantumania: Kemunculan Musuh Berbahaya Yang Terjebak Di Quantum Realm!



#Description:
Title: Ant-Man And The Wasp: Quantumania (2023)
Casts: Paul Rudd, Evangeline Lilly, Jonathan Majors, Michelle Pfeiffer, Michael Douglas, Kathryn Newton, David Dastmalchian, William Jackson Harper, Katy O'Brian, Bill Murray, Corey Stoll
Director: Peyton Reed
Studio: Marvel Studios


#Synopsis:
Scott Lang (Paul Rudd) berusaha memperbaiki hubungan dengan keluarganya setelah semua urusan dengan Avengers selesai. Ia ingin menghabiskan waktu lebih banyak bersama anak semata wayangnya yaitu Cassie Lang (Kathryn Newton) yang kini sudah beranjak remaja. Lima tahun hilang dari bumi dan terjebak di Quantum Realm membuat Scott Lang melewatkan masa pertumbuhan Cassie. Selama itu juga Cassie mempelajari ilmu sains dan teknologi tentang Quantum Realm yang dibantu oleh Hope Van Dyne (Evangeline Lilly), Hank Pym (Michael Douglas) dan Janet Van Dyne (Michelle Pfeiffer).
Suatu hari, Cassie ingin menunjukkan penemuan terbarunya tentang alat komunikasi yang bisa menjangkau Quantum Realm. Hal tersebut membuat Janet terkejut. Ia tak ingin manusia dan bumi berinteraksi dengan Quantum Realm karena menurutnya sangat berbahaya. Disaat Scott, Hank dan Hope meminta penjelasan apa yang sebenarnya ditakutkan oleh Janet, alat komunikasi itu mengeluarkan energi sangat besar dan menarik mereka semua masuk ke dalam Quantum Realm.
Scott dan Cassie terdampar di sebuah wilayah persembunyian dari tim pemberontak yang dipimpin oleh Jentorra (Katy O'Brian) dan Quaz (William Jackson Harper). Mereka kemudian menahan Scott dan juga Cassie karena berasal dari luar Quantum Realm. Mereka takut jika Scott dan Cassie masih satu varian dengan seseorang yang kini berkuasa disana. Scott pun menjelaskan pada Jentorra jika ia dan keluarganya benar-benar tak sengaja masuk ke Quantum Realm dan tidak ada niatan sama sekali untuk menyerang mereka.
Disisi lain, Hope, Hank dan Janet terdampar di wilayah yang tak jauh dari pusat kekuasaan Quantum Realm. Janet hanya ingin segera menemukan Scott dan Cassie kemudian keluar secepatnya dari sana. Hank semakin kesal terhadap istrinya karena tidak memberitahu tentang ketakutan yang dirasakan. Janet pun akhirnya menjelaskan tentang apa yang sebenarnya terjadi disaat ia terjebak selama 30 tahun lamanya di Quantum Realm.
Kala itu, Janet berhasil menolong seseorang bernama Kang (Jonathan Majors) yang tak sengaja masuk ke Quantum Realm. Kang mengaku jika dirinya adalah seorang penjelajah waktu. Ia meminta bantuan pada Janet untuk memperbaiki pesawat yang dimiliki dan berjanji akan memberikan imbalan apapun yang Janet inginkan. Mereka berdua kemudian bereksperimen menciptakan sumber energi yang berasal dari Quantum Realm untuk digunakan sebagai bahan bakar pesawat milik Kang. Setelah berkali-kali mencoba, akhirnya mereka berhasil menciptakan energi baru untuk menghidupkan pesawat milik Kang.
Permasalahn muncul disaat Janet mengetahui tentang sosok masa lalu dari Kang. Janet sangat terkejut dan langsung takut saat mengetahui jika Kang adalah Sang Penakluk yang sangat jahat dan telah menghancurkan banyak semesta dengan menggunakan kemampuannya sebagai penjelajah waktu. Kang berusaha untuk keluar dari Quantum Realm dan mencari sumber energi dari bumi agar bisa menjalankan misinya yang terhenti gara-gara terjebak di Quantum Realm. Janet pun tidak tinggal diam. Ia mengambil lagi sumber energi dari pesawat Kang dan langsung menghancurkannya. Kejadian tersebut membuat Kang sangat murka dan semakin membenci Janet. Kang berambisi untuk membalaskan dendamnya terhadap Janet dan juga bumi dengan membangun kerajaan dan pusat kekuasaan di Quantum Realm. Mendengar penjelasan dari Janet membuat Hank dan Hope harus secepatnya menemukan Scott dan juga Cassie. Mereka harus sesegera mungkin keluar dari Quantum Realm sebelum ketahuan oleh Kang.
Keberadaan Scott dan Cassie yang sedang di wilayah persembunyian Jentorra akhirnya diketahui oleh pasukan dari Kang. Mereka pun harus bisa melawan sekaligus menghindar agar tidak tertangkap. Namun sayang, usaha mereka sia-sia. Pasukan dari Kang berhasil menangkap mereka berdua dan langsung dibawa untuk menghadap Kang. Setibanya disana, Kang mengancam akan membunuh Cassie jika Scott menolak membantunya untuk mendapatkan sumber energi yang berada di dasar Quantum Realm. Karena tidak mempunyai pilihan lain, Scott pun bersedia asalkan Kang tidak menyakiti Cassie. Dengan kemampuannya sebagai Ant-Man, ia masuk ke dasar Quantum Realm yang mempunyai kekuatan tak terbatas dan duplikasi yang tak pernah terbayangkan sebelumnya. Akankah Kang Sang Penakluk berhasil menjalankan semua rencananya?


#Review:
Marvel Cinematic Universe resmi membuka Phase 5 di tahun 2023 ini lewat film ketiga dari Ant-Man yang berjudul ANT-MAN AND THE WASP: QUANTUMANIA (2023). Film ini masih disutradarai oleh Peyton Reed dan digadang-gadang sebagai film perkenalan untuk main villain MCU terbaru setelah Thanos yaitu Kang The Conqueror. Jadi rasanya tak heran jika sebagian besar penonton mempunyai harapan yang cukup tinggi terhadap film ini.


Untuk segi cerita, film QUANTUMANIA (2023) sebetulnya memiliki potensi yang cukup menjanjikan dengan memperkenalkan main villain Kang. Namun sayang, kombinasi cerita antara Ant-Man dengan Kang menurutku kurang memuaskan. Dua film ANT-MAN sebelumnya kan image ceritanya lebih playful, sederhana dan menonjolkan kekeluargaan. Sangat cocok disebut sebagai filler untuk MCU di Phase 3 dan 4 lalu. Kali ini, kesederhanaan cerita Ant-Man langsung berubah drastis menjadi lebih grande. Hal tersebut sangat terasa saat film ini mulai mengeksplor cerita lebih mendalam tentang dunia Quantum Realm yang sudah eksis di jagat MCU. Eksplorasi yang dilakukan oleh tim penulis cerita film ini menurutku terlalu mainstream karena treatment nya hampir serupa dengan Saga STAR WARS. Visual aneh dunia Quantum Realm juga sekilas menyerupai film animasi Disney STRANGE WORLD (2022) dan ALICE IN WONDERLAND (2010).

Development story dari karakter Kang The Conqueror awalnya cukup menarik dan potensi bahayanya sudah bisa dirasakan. Namun seiring berjalannya durasi film, ternyata sosok Kang masih banyak kekurangan yang cukup menonjol. Penonton hanya diberi kisah Over Power dari Kang lewat flashback singkat saja, lalu pasukan Kang The Conqueror yang berhasil diciptakan di Quantum Realm juga kemampuannya hanya sebatas itu saja? Design kostumnya juga malah sekilas mirip TRON LEGACY (2010). Ditambah lagi, saat final battle pun nasib Kang The Conqueror terasa terlalu easy banget dikalahkan keluarga Ant-Man.
Selain introducing Kang The Conqueror, film QUANTUMANIA (2023) juga menampilkan kisah re-bonding chemistry antar keluarga Scott Lang khususnya Scott dengan Cassie. Lagi dan lagi, entah kenapa bonding story dari mereka berdua di film ini sangatlah datar. Hampir disepanjang perjalanan Scott dan Cassie menjelajah Quantum Realm aku tidak bisa merasakan kedekatan mereka sebagai orangtua dengan anak. Aku malah lebih terkesan dan jauh lebih emosional melihat bonding Scott Lang dengan Cassie saat di film AVENGERS: ENDGAME (2019). Hal mengganggu lainnya datang dari sosok MODOK. Nasibnya pun sama seperti Kang, awalnya nampak menyeramkan karena memiliki background serta motivasi yang cukup kuat, tapi setelah itu malah jadi ajang lelucon semata, ditambah lagi akhir kisah MODOK yang tiba-tiba jadi insyaf, bikin geleng-geleng kepala. Meskipun film ini tidak menghadirkan karakter MODOK juga tidak jadi masalah besar. 


Untuk jajaran pemain, penampilan Jonathan Majors dan Michelle Pfeiffer menjadi yang paling menonjol dibandingkan dengan yang lain. Mereka mendapat kesempatan lebih banyak untuk dieksplor baik dari segi cerita maupun akting. Bahkan pesona keduanya berhasil menutupi Paul Rudd dan Evangeline Lilly yang kini kurang bersinar. Peran Hank Pym juga terasa sangat dibatasi di film ketiganya ini. Yang paling membuatku kecewa adalah penggantian pemain untuk karakter Cassie Lang dari Emma Fuhrmann ke Kathryn Newton. Masih mending jika diganti tapi memuaskan, lah ini malah sebaliknya. Perbedaan mereka berdua terlalu menonjol. Cassie versi Kathryn jadi mengingatkan pada America Chavez dan Riri Williams. Gengges maksimal!
Overall, menurutku film ANT-MAN AND THE WASP: QUANTUMANIA (2023) terasa seperti mengulangi kegagalan film BLACK WIDOW (2020) untuk membuka sebuah Phase baru di MCU. Marvel Studios semakin menampakan diri jika mereka mulai kehabisan energi usai film superior mereka, AVENGERS: ENDGAME (2019). Jangan salahkan ekspektasi penonton yang selalu tinggi terhadap MCU, karena konsep jagat sinema yang telah dibangun sejak tahun 2008 ini sudah terlalu besar.


[6.5/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment