Tuesday 28 February 2023

[Review] Raisa Live In Concert at Gelora Bung Karno Main Stadium



Sabtu, 25 Februari 2023 menjadi salah satu hari yang bersejarah bagi industri musik Indonesia. Penyanyi cantik Raisa Andriana menggelar konser tunggal pertamanya di Stadion Utama Gelora Bung Karno dalam rangka merayakan 10 tahun perjalanan karier pelantun hit 'Apalah Arti Menunggu' itu di industri musik Indonesia. Awalnya, konser Raisa yang bertajuk 'Raisa: Live in Concert Stadion Utama Gelora Bung Karno' itu akan digelar 27 Juni 2020 lalu. Namun karena Pandemi CoVid-19 yang melanda Indonesia, konser Raisa ini terpaksa Postponed sampai waktu yang belum ditentukan.
Setelah hampir 2.5 tahun tertunda, akhirnya 'Raisa: Live in Concert' sukses digelar pada Sabtu, 25 Februari 2023 lalu dengan menampilkan banyak kejutan! Aku dan kedua temanku berkesempatan untuk menghadiri 'Raisa: Live in Concert' dan mendapatkan kursi kategori GREEN yang berada di Festival sebelah kiri. Sejak berada di luar area SUGBK, situasi sudah sangat ramai karena pada hari tersebut berbarengan juga dengan Festival Musik yang diselenggarakan di Istora Senayan dan Parkir Timur GBK. Sebelum masuk ke area ringroad SUGBK, penonton melakukan verifikasi pembelian tiket dari Loketcom dan scanning barcode dari e-ticket yang dikirim melalui email. Setelah itu, penonton diberikan gelang karet yang memiliki warna pilihan merah, putih, hijau dan kuning. Usai masuk ke area Ringroad SUGBK, kita melihat pemandangan ribuan orang yang sedang antri di beberapa Tenant, Booth dan juga toilet hahaha.


Open Gate masuk ke SUGBK resmi dibuka mulai pukul 14:30 WIB. Untungnya pihak panitia konser tidak membatasi jam Open Gate sehingga penonton bisa leluasa untuk datang ke SUGBK sebelum konser dimulai sekitar pukul 18:45 WIB. Saat pertama kali masuk ke SUGBK aku langsung mengucap Subhanallah.. Untuk pertama kalinya aku nonton konser di dalam Stadion Utama Gelora Bung Karno yang memiliki kapasitas mencapai 77.000++ penonton! Aku sangat bahagia bisa menjadi bagian dari 45.000an penonton 'Raisa: Live in Concert'. Setelah berjalan cukup panjang melintasi area lapangan SUGBK yang ditutupi oleh material kayu dan dilapisi oleh kain berwarna putih, akhirnya aku bertiga menemukan kursi kategori GREEN. 



'Raisa: Live in Concert' dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya secara bersama-sama dengan dipandu oleh Kunto Aji. Setelah itu, dilanjut dengan Opening Act konser yang menampilkan Vidi Aldiano dengan menyanyikan hits-hits lagu miliknya mulai dari Nuansa Bening, Cemburu Menguras Hati, Aku Cinta Dia hingga Status Palsu. Setelah penampilan Vidi Aldiano, lampu spotlight dan stage di SUGBK langsung dipadamkan dan membuat puluhan ribu penonton berteriak histeris saat melihat video opening konser yang menampilkan Raisa.
Setelah itu, Raisa muncul dan membuka 'Raisa Live in Concert' dengan membawakan lagu-lagu dari keempat album yang sudah dirilis yaitu: Self Titled, Heart to Heart, Handmade dan It's Personal. Berikut adalah set list 'Raisa: Live in Concert':

1. Berdamai
2. Biarkanlah
3. Pergilah
4. Serba Salah
5. Bye-Bye medley dengan Melangkah
6. Percayalah (duet dengan Afgan)
7. Teka-Teki
8. Love You Longer
9. Bertahan Atau Pergi
10. Jatuh Hati
11. Tentang Dirimu medley dengan LDR dan Kembali
12. Nyawa & Harapan (duet dengan Isyana Sarasvati)
13. Bahasa Kalbu
14. Jangan Cepat Berlalu
15. Cinta Sederhana
16. You
17. Kutukan Cinta Pertama
18. Anganku Anganmu (duet dengan Afgan, Vidi Aldiano dan Isyana Sarasvati)
19. Terjebak Nostalgia
20. Love & Let Go
21. Mantan Terindah
22. Could it Be
23. Kali Kedua
24. Usai Di Sini
25. Apalah Arti Menunggu

Selama konser berlangsung, penonton sangat dimanjakan dengan visual Raisa lewat layar yang memiliki ukuran sangat besar dan bentuknya unik. Sekilas mengingatkanku akan bentuk Screen X di CGV Grand Indonesia hahaha. Visual dari konten-konten video selama Raisa bernyanyi juga cantik dan colorful banget! Kejutan hadirnya Afgan, Vidi Aldiano dan Isyana Sarasvati membuat konser semakin meriah. Most favourite part in this concert is: Nyawa & Harapan. Gokil sih aransemen yang dibawakan langsung bersama dengan Isyana Sarasvati membuat lagunya jadi lebih on fire dan menggelora!



Durasi konser yang mencapai tiga jam berhasil dibawakan dengan sangat memukau oleh Raisa. Setiap lagu dan moment bincang-bincang dengan puluhan ribu penonton selalu seru dan memancing teriak histeris dari para penonton. Puncaknya saat Raisa membawakan lagu yang ditujukan pada anak perempuannya yaitu Zalina Raine Wyllie. Suasana SUGBK jadi mellow dan terharu melihat video ucapan dari Zalina untuk mama tercinta. Raisa pun tak kuasa menahan tangisnya karena video ucapan tersebut baru ia ketahui saat sedang berada diatas panggung.
Keseruan lainnya hadir disaat Raisa mengajak salah satu penonton yang dekat dengan stage untuk menceritakan tentang mantan terindahnya. Setelah itu Raisa menantangnya untuk menelepon sang mantan sambil dinyanyikan lagu Mantan Terindah bersama dengan Raisa dan puluhan ribu penonton lainnya. Gokil sih bikin satu stadion tertawa sekaligus iri bisa berbincang langsung dengan Raisa diatas panggung!!!


Lagu 'keramat' dari Raisa yaitu Kali Kedua dan Apalah Arti Menunggu menjadi moment paling epic dan sengaja banget disimpan dibabak akhir konser. Aransemen yang dihadirkan benar-benar baru dibandingkan versi aslinya. Merinding banget satu stadion menyanyikan bait demi bait dari dua lagu tersebut! Overall, 'Raisa Live in Concert' berhasil menyajikan sebuah konser tunggal yang lengkap dan megah. Congratulations untuk Raisa yang menjadi penyanyi perempuan pertama dalam sejarah yang berhasil menggelar konser tunggal di Gelora Bung Karno Main Stadium!

Follow dan cek Highlights Instastory Instagram aku di @Rizkywinaya yaa untuk melihat keseruan Konser #RaisaGBK2023!

0 comments:

Post a Comment