Wednesday 26 June 2024

[Review] A Quiet Place Day One: Cerita Serangan Monster Alien Ke Bumi Di Hari Pertama!



#Description:
Title: A Quiet Place: Day One (2024)
Casts: Lupita Nyong'o, Joseph Quinn, Alex Wolff, Djimon Hounsou, Elaine Umuhire, Schnitze Nico The Cat, Cain Aiden, Elijah Ungravy
Director: Michael Sanorski
Studio: Platinum Dunes, Sunday Night Productions, Paramount Pictures


#Synopsis: 
Sam (Lupita Nyong'o) dan para pasien di rumah sakit yang berada di New York berencana pergi Manhattan untuk menyaksikan pertunjukan boneka puppet. Petugas rumah sakit yaitu Reuben (Alex Wolff) menjadi pemandu para pasien selama berada Manhattan nantinya Dalam perjalanan, Sam meminta pada Reuben untuk menemaninya mengunjungi restoran favoritnya yaitu Patsy's Pizza. Sam berjanji akan menuruti apapun yang diminta Reuben asalkan ia bisa mendapatkan pizza tersebut.



Bersama dengan para pasien lain yang mayoritas lansia, Sam dan Reuben berangkat menuju Manhattan dengan mengendarai bus. Setelah tiba, mereka langsung memasuki gedung teater pertunjukan boneka puppet. Selama menonton pertunjukan tersebut, Sam merasa bosan dan memilih untuk keluar dengan kucing kesayangannya yang diberi nama Frodo. Tak lama setelah itu, Reuben keluar menyusulnya. Sam berjanji akan segera kembali ke bus setelah ia membeli pizza favoritnya.
Tak lama setelah itu, terdengar alarm peringatan yang meminta seluruh warga untuk segera evakuasi dan pulang secepatnya ke rumah masing-masing. Reuben seketika panik dan memanggil para pasien yang ada di dalam teater untuk segera naik bus dan pulang. Sam yang nampak kesal terpaksa ikut masuk ke dalam bus. Setelah semuanya berhasil masuk, tiba-tiba terdengar ledakan dahsyat di ujung jalan yang menabrak gedung. Seketika asap pekat menyelimuti kota dan terdengar jeritan dari kejauhan. Sam dan Reuben berusaha bangkit untuk melihat apa yang terjadi di sekitar mereka.


Keadaan semakin kacau dan tak terkendali. Jeritan yang berasal dari orang-orang menyebabkan mereka diserang oleh makhluk misterius. Sam dan Reuben berusaha menyelamatkan diri dengan kembali masuk ke dalam teater. Disana, mereka melihat beberapa penonton dan warga yang sedang berlindung sambil menahan untuk tidak mengeluarkan suara apapun agar tidak diserang oleh makhluk misterius tersebut.
Selama berlindung di dalam terater, Sam dan Reuben berusaha untuk mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi di luar sana. Disana mereka bertemu dengan Henri (Djimon Hounsou) yang mengetahui satu-satunya cara berlindung dari serangan makhluk misterius itu dengan tidak menciptakan suara apapun termasuk berbicara. Di luar sana, terdengar suara pengumuman yang berasal dari helikopter. Mereka meminta warga yang masih berada di Manhattan untuk tetap diam dan tak bersuara sampai proses evakuasi selanjutnya. Pihak militer Amerika Serikat terpaksa merubuhkan dua jembatan besar yang menghubungkan New York dengan Brooklyn untuk menghindari meluasnya persebaran makhluk misterius tersebut.


Sambil menunggu proses evakuasi, Sam dan Reuben berbagi cerita selama berada di rumah sakit. Sam yang menderita kanker otot stadium 2 serta tinggal sendirian setelah kematian kedua orangtuanya, merasa lega bisa dirawat di rumah sakit dan berkenalan para pasien dan perawat disana termasuk Reuben. Mendengar hal tersebut membuat Reuben merasa haru dan berjanji akan menemani Sam ke Patsy's Pizza setelah situasi kondusif. Mereka berdua kemudian mencoba keluar dari teater untuk melihat kondisi terkini di luar. Saat kembali ke tempat persembunyian, Reuben tak sengaja membuat kegaduhan yang menimbulkan suara. Seketika Reuben diserang oleh makhluk misterius tersebut. Sam hanya bisa menangis namun menahan sekeras mungkin suaranya agar tidak mengundang makhluk tersebut menyerangnya.
Setelah kematian Reuben, Sam dan kucingnya Frodo memutuskan pergi dari teater untuk mendatangi Patsy's Pizza. Dalam perjalanan, Sam mendengar pengumuman tentang pihak militer sudah menyediakan kapal dan juga boat di pinggir pantai untuk proses evakuasi para warga. Seketika jalanan langsung penuh oleh para warga sipil yang berjalan menuju pinggir pantai tanpa mengeluarkan suara sama sekali. Tak lama setelah itu, beberapa makhluk misterius yang berwujud seperti monster alien itu keluar dari dalam gedung-gedung pencakar langit. Seketika mereka langsung menghabisi para warga yang tak sengaja menyenggol benda atau mengeluarkan suara. Situasi menjadi kacau, Sam berusaha berlindung dari para warga sipil yang berlarian kesana-kemari karena panik. Kucing Frodo pun terpisah dari Sam.



Setelah keadaan menjadi sunyi, Sam tersadar dan melihat Frodo berjalan dengan seorang pria bernama Eric (Joseph Quinn) yang berhasil keluar dari stasiun kereta Subway yang sudah tenggelam. Sam pun meminta Eric untuk segera pergi ke tempat evakuasi secepat mungkin. Eric yang masih shocked dan ketakutan tidak mau pergi sendirian, memilih untuk mengikuti kemanapun Sam pergi. Karena merasa kasihan, Sam akhirnya mengajak Eric pergi ke apartemennya. Setibanya disana, Sam ingin beristirahat sejenak sambil menahan rasa sakit di bagian pinggangnya. Eric yang sedang melihat-melihat buku yang ditulis oleh Sam dibuat kagum dengan karya-karyanya itu. Eric pun bersedia menemani Sam untuk menuju Patsy's Pizza sambil mencari obat untuk nyeri pinggang yang diderita Sam.



Perjalanan Sam dan Eric menuju Patsy's Pizza penuh dengan rintangan karena monster alien masih berkeliaran diluaran sana. Aksi kejar-kejaran pun tak terhindarkan. Keduanya berlari dan bersembunyi masuk ke dalam stasiun kereta Subway. Sam dan Eric harus melewati stasiun yang gelap, sepi dan hancur. Mereka pun harus mencari jalan keluar dengan melintasi terowongan kereta yang sudah tenggelam. Setelah berhasil keluar dari jalur lintasan kereta bawah tanah, mereka berjalan menuju Patsy's Pizza yang ternyata sudah hancur akibat kekacauan yang ditimbulkan oleh serangan monster alien. Sam kemudian mengajak Eric masuk ke sebuah bar yang tak jauh dari Patsy's Pizza. Disanalah, Sam menceritakan kenangan masa kecilnya bersama sang ayah yang merupakan pemain piano musik jazz. Kala itu, sang ayah selalu mengajak Sam ke Patsy's Pizza setelah selesai pentas di bar tersebut. Kenangan indah itulah yang paling berkesan bagi Sam. Karena tak ingin melihat Sam bersedih, Eric pun keluar dari bar untuk mencari obat sambil membawa satu box Pizza untuk menghibur Sam. Hal tersebut membuat Sam terharu dan bahagia karena sudah diperhatikan oleh Eric.
Setelah selesai bernostalgia di bar, Sam dan Eric kemudian bergegas pergi menuju pelabuhan pinggir pantai untuk dievakuasi. Namun sayang, para monster alien ternyata sudah mengelilingi jalan menuju pelabuhan tersebut. Sam dan Eric kemudian bekerja sama menyusun rencana agar mereka berdua tidak diserang oleh para monster alien itu. Akankah rencana mereka berdua berhasil?


#Review:
Paramount Pictures akhirnya merilis film ketiga dari franchise A QUIET PLACE (2018) di bioskop Indonesia mulai Rabu, 26 Juni 2024. Sesuai dengan judulnya, film ketiga A QUIET PLACE: DAY ONE (2024) mengambil langkah sebagai sebuah prekuel dari dua film sebelumnya. Plot nya menceritakan hari pertama invasi monster alien sebelum dunia menjadi serba senyap dan sunyi.


Aku berkesempatan hadir pada acara pemutaran perdana film A QUIET PLACE: DAY ONE (2024) pada Selasa, 25 Juni 2024 lalu di IMAX Cinema XXI Gandaria City, Jakarta Selatan. Seperti acara screening film-film Hollywood sebelumnya, suasana selalu meriah dengan dihadiri banyak tamu undangan yang terdiri dari aktor-aktris, influencer, movie reviewer dan lain-lain. Di area lobby bioskop, Paramount Pictures Indonesia menyediakan area photobooth, lucky draw dan standee film yang bentuknya seperti tunnel masuk ke dalam area stasiun Subway. Sebuah konsep standee film paling bagus yang pernah aku lihat selama ini.


Terima kasih WatchmenID dan Paramount Pictures Indonesia atas ticket invitationnya!
Photobox nya gemas banget bareng Frodo!


Best standee movie of the year goes to.... A QUIET PLACE: DAY ONE (2024)

Untuk segi cerita, film A QUIET PLACE: DAY ONE (2024) ternyata tidak sepenuhnya menceritakan asal-usul dan penyebab invasi monster alien yang tiba-tiba jatuh ke bumi. Untuk sebagian penonton, hal tersebut bisa menimbulkan rasa kecewa karena pertanyaan penting itu tidak terjawab di film ketiganya ini. Namun untuk aku sendiri, plot yang dihadirkan film DAY ONE (2024) ini masih enjoyable dan menarik untuk ditonton kok. Jika pada film pertama dan kedua point of view nya berasal dari keluarga Abbott, kali ini point of view cerita datang dari karakter yang sedang berada di Manhattan. Sesuai dengan sub-judulnya yaitu DAY ONE (2024), cerita yang dipilih tentang bagaimana invasi monster alien yang jatuh ke bumi lalu menimbulkan kekacauan luar biasa di lingkungan kota metropolitan tampil memuaskan. POV dari karakter Sam dan warga sipil yang panik luar biasa sekaligus tak tahu cara menyelamatkan diri bisa dirasakan dengan maksimal oleh penonton. Tak sedikit adegan-adegan memacu adrenaline dan ketegangan hadir disepanjang film. Tak hanya itu saja, signature dari franchise film ini yang menampilkan serangkaian adegan harus senyap dan hening, kembali terjadi dan membuat satu teater IMAX di Gancit kemarin ikutan hening! Film DAY ONE (2024) juga lebih mengandalkan jump scared yang melimpah untuk memaksimalkan rasa kaget dari penonton.
Yang sedikit membuatku kurang greget dari film DAY ONE (2024) ini yaitu hadirnya seekor kucing yang diberi nama Frodo milik Sam. Entahlah kehadirannya yang memang sih bikin penonton gemas dan bisa menjadi stress relief bagi penonton tapi menurutku jadi mengganggu keseluruhan cerita karena Frodo nya dibuat pendiam disepanjang durasi film. Agak no make sense juga sih seekor kucing anteng banget tanpa bersuara sama sekali. Ditambah lagi, monster alien nya pun dibuat tidak menyerang hewan. Hal ini menjadi tanda tanya baru lagi di semesta A QUIET PLACE, apakah para monster alien ini hanya menyerang manusia yang bersuara saja tapi tidak dengan hewan yang sama-sama makhluk hidup di bumi. Terlepas dari plot hole tersebut, aku berharap di film selanjutnya bisa menjawab semua pertanyaan tentang para monster alien yang menginvasi bumi ini.
Seperti dua film sebelumnya, prekuelnya kali ini juga memiliki elemen drama yang sangat berhasil di deliver oleh kedua pemain utamanya yaitu Lupita Nyong'o dan Joseph Quinn. Meskipun konsep yang dilakukan terasa seperti pengulangan saja, tapi tetap terasa emosional berkat kualitas akting keduanya. Bahkan, babak penyelesaian dari film ketiganya ini aftertaste nya sama persis seperti film pertamanya. Lega namun tetap membuat hati terasa kosong. Keren!


Untuk urusan visual, film DAY ONE (2024) memberikan visualisasi khas film-film blockbuster! Suasana kota Manhattan dengan gedung-gedung pencakar langitnya yang chaos dan luluh lantak terasa sangat nyata. Penonton seakan ikut masuk ke dunia A QUIET PLACE sungguhan. Scoring musik yang mengiringi pun selalu berhasil menambah pacu adrenaline selama menonton filmnya di bioskop. Overall, film A QUIET PLACE: DAY ONE (2024) berhasil menampilkan point of view dari semesta A QUIET PLACE yang terjadi saat pertama kali monster alien invasi ke bumi. Kita tunggu film-film selanjutnya! Gak sabar banget dengan kejadian-kejadian selanjutnya!


[8.5/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment