Sunday 7 July 2024

[Review] Despicable Me 4: Hadirnya Musuh Terbaru Dari Keluarga Gru dan Megaminions!



#Description:
Title: Despicable Me 4 (2024)
Casts: Steve Carell, Kristen Wiig, Miranda Cosgrove, Dana Gaier, Madison Polan, Pierre Coffin, Will Ferrell, Joey King, Sofia Vergara, Stephen Colbert, Chloe Fineman, Steve Coogan, Chris Renaud
Director: Chris Renaud
Studio: Universal Pictures, Illumination


#Synopsis:
Kebahagiaan rumah tangga Gru (Steve Carell) dengan Lucy (Kristen Wiig) semakin lengkap usai kehadiran anak pertama mereka yang diberi nama Gru Jr. Margo (Miranda Cosgrave), Edith (Dana Gaier) dan Agnes (Madison Polan) ikut senang dengan kehadiran adik laki-laki mereka. Sejak saat itulah, Gru memutuskan untuk fokus bersama keluarganya ketimbang menjalankan tugasnya sebagai agent di Anti Villain League (AVL).


Namun sayang, kebahagiaan Gru sebagai ayah baru tersebut harus terusik setelah mendapat kabar dari pimpinan AVL yaitu Silas Ramsbottom (Steve Coogan) yang meminta Gru dan keluarganya untuk segera meninggalkan rumah mereka. Hal tersebut berkaitan dengan salah satu tahanan dari AVL yaitu Maxime Le Mal (Will Ferrell) berhasil melarikan diri dan mengincar Gru untuk balas dendam. Maxime sakit hati dan merasa dipermalukan oleh Gru ketika reuni di sekolah mereka yaitu Lycee Pas Bon. Kala itu, Maxime yang bereksperimen terhadap tubuhnya dengan menggunakan serangga kecoa berhasil ditangkap oleh Gru dan agent TVM karena dianggap berbahaya untuk dunia.


Gru, Lucy dan keempat anak mereka akhirnya diungsikan ke komplek perumahan tersembunyi milik AVL di Mayflower. Setibanya disana, Silas mewajibkan keluarga Gru untuk menggunakan identitas baru yang sudah disediakan oleh tim AVL agar tidak ketahuan oleh orang lain. Disisi lain, para Minions (Pierre Coffin) yang berada di rumah keluarga Gru diungsikan ke kantor pusat AVL sampai situasi kondusif. Silas pun memilih lima Minions yaitu Mel, Gus, Tim, Jerry dan Dave untuk dijadikan bahan eksperimen penggunaan serum yang akan memberikan mereka kekuatan super layaknya superhero. Kelima Minions tersebut nantinya bertransformasi menjadi lima Megaminions.


Tiba di Mayflower, keluarga Gru tinggal bersebelahan dengan Poppy Prescott (Joey King), seorang remaja perempuan yang sangat terobsesi untuk menjadi penjahat dan menginginkan masuk ke sekolah Lycee Pas Bon. Tak hanya itu saja, Poppy pun langsung mengenali sosok Gru yang selama ini dikenal sebagai penjahat besar yang sulit dikalahkan oleh siapapun. Poppy mengancam akan membongkar identitas keluarga Gru yang bersembunyi di Mayflower jika Gru tidak membantunya untuk mendapatkan maskot kesayangan milik kepala sekolah Lycee Pas Bon yaitu Übelschlecht (Chris Renaud).
Karena tak ingin keluarga nya terancam dalam bahaya, Gru terpaksa bersedia membantu Poppy untuk mendapatkan maskot tersebut. Untuk menjalankan aksi mereka, Gru dan Poppy dibantu tiga Minions dengan mengandalkan balon udara milik orangtua Poppy. Tiba di Lycee Pas Bon, mereka langsung mencari ruang kepala sekolah untuk mengambil maskot kesayangan yang ternyata adalah seekor musang. Saat Gru dan Poppy berhasil menemukan musang tersebut, situasi menjadi kacau karena ketahuan oleh Übelschlecht. Meskipun berhasil lolos, identitas Gru ketahuan oleh Übelschlecht dan langsung dilaporkan kepada Maxime yang sedang memburu keluarga Gru dengan dibantu rekannya, Valentina (Sofia Vergara).



Keesokan harinya, Übelschlecht mendatangi rumah persembunyian keluarga Gru di Mayflower. Agnes yang membukakan pintu merasa asing dengan tamu tersebut. Agnes kemudian tak mengizinkan Übelschlecht untuk masuk ke dalam rumah. Keadaan jadi kacau karena Übelschlecht berhasil masuk ke dalam rumah dan langsung mengirimkan koordinat lokasi kepada Maxime. Margo, Edith, Agnes dan Poppy seketika histeris dan berusaha melindungi satu sama lain. Mereka kemudian memanggil Gru dan Lucy yang sedang berolahraga tenis untuk segera pulang. Namun sayang, setibanya di rumah, Gru gagal menyelamatkan sang anak yang berhasil diculik oleh Maxime dengan menggunakan pesawat.
Tak tinggal diam, Gru mengejar pesawat milik Maxime dan akhirnya mereka terdampar di sebuah gedung terbengkalai. Saat berusaha menyelamatkan sang anak, Gru terkejut karena Maxime berhasil menyuntikkan serum kecoa kepada anaknya yang membuat Gru Jr. kini bisa dikendalikan sepenuhnya oleh Maxime. Di sisi lain, pihak AVL ikut serta menghentikan rencana jahat Maxime dengan mengumpulkan lima Megaminions. Akankah Gru berhasil menyelamatkan anak laki-lakinya itu?


#Review:
Rumah produksi Universal Pictures dan Illumination akhirnya merilis film keempat dari franchise animasi DESPICABLE ME 4 (2024) di bioskop Indonesia mulai 3 Juli 2024. Berjarak tujuh tahun dari film ketiganya, tak membuat kelanjutan cerita dari sosok anti villain Gru dan keluarganya ditinggalkan oleh penonton. Berdasarkan perhitungan Cinepoint Apps, film DESPICABLE ME 4 (2024) sudah berhasil mengumpulkan lebih dari 900.000 penonton dari seluruh bioskop Indonesia per tanggal 8 Juli 2024. Lantas, apakah film keempat kali ini mampu mengembalikan value cerita seperti film pertama dan keduanya?


Untuk segi cerita, film DESPICABLE ME 4 (2024) masih terlalu setia menggunakan template keluarga Gru yang dihadapkan dengan musuh baru. Sub plot tambahan dari karakter pendukung yang tidak terlalu penting dan tingkah konyol para Minions selalu hadir memenuhi alur cerita utama. Hal inilah yang membuat film keempat DESPICABLE ME ini menjadi membosankan. Pendalaman cerita dari keluarga Gru yang kini kehadiran anak laki-laki juga eksekusinya serba tanggung. Andai saja film ini lebih fokus untuk build-up relationship antara Gru Lucy sebagai orangtua dengan keempat anaknya tanpa kehadiran karakter Poppy dan Megaminions yang super tidak penting itu pasti akan jauh lebih menarik. Kehadiran Poppy yang annoying, villain Maxime yang tidak menarik serta keputusan bentuk Minions diubah menjadi seperti Fantastic Four yang dilakukan oleh film ini merupakan keputusan yang cukup mengecewakan. Penampilan para Minions juga sering hit and miss ketika mereka berinteraksi. Entah kenapa energi lucu di film ini terasa berkurang drastis jika dibandingkan dengan tiga film DESPICABLE ME dan dua film MINIONS sebelumnya.


The power of promo Wondr BNI 2024. Jadi gak rugi-rugi amat. Bayar Rp.7800!

Untuk para pengisi suara, sebenarnya tidak ada yang buruk. Mereka tampil bagus namun karena skenario dan ceritanya yang membosankan, penampilan para aktor pengisi suaranya jadi tidak berkesan. Pierre Coffin yang mengisi suara para Minions pun tak sedahsyat film-film sebelumnya.
Untuk urusan visual, film DESPICABLE ME 4 (2024) sudah jelas memberikan visual animasi yang semakin meningkat dibandingkan film-film sebelumnya. Jika tampil buruk, sudah siap harus mendapat kritikan sih, karena keuntungan secara keseluruhan dari franchise ini sudah menyentuh lebih dari 1 Miliar Dollar Amerika Serikat. Overall, film DESPICABLE ME 4 (2024) tidak memberikan sesuatu hal yang baru, hanya pengulangan terus menerus dari film sebelumnya. Semoga di masa yang akan datang bisa hadir dengan sesuatu yang baru dan tetap mempertahankan kekeluargaan dalam ceritanya.


[6/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment