Saturday 28 March 2020

[Review] Tootsies & The Fake: Empat Sahabat Berusaha Menghindari Tuntutan Dari Manager Artis!


#Description:
Title: Tootsies and The Fake (2020)
Casts: Thanawat Sutat Na Ayutthaya, Araya A. Hargate, Pattarasaya Kreuasuwansri, Charoensook Paopetch, Chanyachirawong Rathanand, Thongkanthom Thongchai, Gunn Svasti
Director: Kittiphak Thongauam
Studio: GDH 559, IS Film World


#Synopsis:
Empat orang sahabat yaitu Gus (Paopetch Charoensook), Kim (Chanyachirawong Rathanand), Golf (Thongkanthom Thongchai) dan Natty (Pattarasaya Kreuasuwansri) sudah menjalin pertemanan cukup lama. Kim adalah seorang mantan pramugara yang terpaksa dipecat gara-gara Natty melakukan tindakan yang sangat memalukan di dalam pesawat. Golf adalah seorang pria yang kini mencoba peruntungannya menjadi seorang penata rias para model. Natty yaitu seorang gadis remaja yang dituntut untuk segera menikah dan memiliki anak agar ia bisa mendapatkan hak waris dari keluarganya. Dan yang terakhir adalah Gus. Seorang pria yang selalu dihantui oleh mantan kekasihnya, Top (Kritsanapoom Pibulsonggram), padahal dirinya sudah menjalin hubungan baru dengan kekasihnya yaitu Win (Gunn Svasti).


Pasca dipecatnya Kim dari profesinya sebagai pramugara, kini keempat sahabat ini selalu menghabiskan waktu bersama. Suatu hari, Golf dan Kim mencoba mengikuti kompetisi lomba make-up yang dihadiri oleh salah satu aktris ternama Thailand yaitu Kathryna Kannika Wang (Araya A. Hargate). Rupanya Golf sangat mengagumi dan mengidolakan Kathy. Ia bahkan gugup disaat Kathy memuji proses make-up yang dilakukan Golf. Saking groginya, terjadi sebuah insiden yang menyebabkan Kathy jatuh pingsan dan Kim juga mengalami patah tulang di bagian hidungnya. Sang manager panik dan langsung membawa Kathy ke rumah sakit.


Melihat artisnya kini terbaring dan tak sadarkan diri membuat seluruh jadwal shooting iklan dan drama series yang dibintangi Kathy berantakan. Karier Kathy terancam hancur jika ia tidak menjalankan pengambilan gambar untuk iklan maupun drama seriesnya. Sang manager marah dan mengancam akan melaporkan Golf dan Kim ke polisi jika mereka tak mau membayar 50 juta baht sebagai ganti rugi Kathy yang sedang dirawat di rumah sakit.



Gold dan Kim kemudian mencari segala cara agar ia tak dilaporkan ke polisi atau membayar ganti rugi. Mereka kemudian mempunyai ide mendatangi klinik operasi bedah plastik untuk mencari informasi apakah disana ada orang yang melakukan operasi bedah plastik menyerupai Kathryna Wang. Mengejutkan, mereka berhasil mendapatkan info beberapa orang yang melakukan operasi bedah plastik agar mirip Kathryna Wang. Salah satunya adalah seorang pedagang nasi goreng pinggir jalan bernama Nam (Araya A. Hargate). Wajahnya 100% menyerupai Kathy, namun Nam ini memiliki telinga yang cukup lebar serta sifat yang sangat nyeleneh dan sering berbicara kasar. Gold dan Kim mencoba meyakinkan sang manager untuk sementara waktu sebagian project iklan bisa digantikan dulu oleh Nam. Keduanya lalu memaksa dan meminta Nam untuk bisa berpura-pura sebagai Kathy. Golf dan Kim berjanji akan mempertemukan Nam dengan idolanya yaitu seorang Chef di program cara memasak.



Sementara itu, Natty terus uring-uringan karena sang ibu malah lebih memilih memberikan seluruh harta warisannya pada seekor kucing. Ia kemudian meminta tolong pada Gus untuk berpura-pura sebagai suaminya dan mendatangi dokter kehamilan. Ketika sedang berada di rumah sakit, Gus tak sengaja kembali bertemu dengan Top. Pertemuan itu membuat keduanya salah tingkah. Hal itu juga berimbas pada hubungan Gus dengan Win yang kini selalu cekcok satu sama lain saat sedang berada dirumah.
Beberapa hari menjelang shooting iklan, Golf, Kim, Natty dan Gus terus memberikan pembelajaran akting pada Nam. Mereka berusaha sebisa mungkin agar Nam bisa semirip mungkin dengan Kathy. Usaha yang mereka lakukan akhirnya tak sia-sia. Nam berhasil melakukan shooting iklan dengan lancar meskipun bentuk telinganya hampir saja terlihat.


Masalah lain rupanya muncul, kini Kathy sudah sadarkan diri dan langsung marah kepada sang manager karena membiarkan dirinya tak menjalankan proses shooting. Nam pun berulah. Ia mengancam akan berkata jujur bahwa ia bukanlah Kathy jika Golf melarangnya untuk bertemu dengan idolanya. Selain itu, Top pun akhirnya memberanikan diri untuk mengutarakan lagi rasa cintanya pada Gus. Dan yang tak kalah mengejutkan, Natty berusaha sekuat tenaga merayu Kim untuk menghamilinya. Mampukah empat orang sahabat ini menyelesaikan permasalahan mereka masing-masing?


#Review:
Seperti film-film komedi Thailand produksi GDH lainnya, film CUTIES & THE FAKE (2020) ini menghadirkan serentetan komedi khas Thailand yang sangat lebay, jorok dan juga agak dewasa. Hampir disepanjang durasi film, penonton selalu disuguhkan dengan komedi yang nyaris tanpa henti. Bagi sebagian orang aku yakin, komedi yang ada dalam film ini mungkin akan bikin geleng-geleng kepala karena terlalu absurd.


Porsi komedi paling ampuh bagiku yaitu disaat aktris cantik yang sekilas mirip perpaduan Jessica Mila dan Olivia Jensen yaitu Araya A. Hargate dituntut untuk bisa memerankan dua karakter sekaligus. Karakter Kathyrna berhasil tampil anggun, cantik dan disaat memerankan karakter Nam, ia mampu bertransformasi menjadi urakan serta memiliki sifat-sifat buruk. Selain itu, film ini juga sempat-sempatnya memparodikan film horror komedi Thailand yaitu Pee-Mak untuk memancing tawa penonton diparuh awal film. Oia, ada satu lagi salah satu adegan epic dan super konyol disaat Kim, Golf dan Nam menari untuk menenangkan diri. Gebleg amat itu tarian ahahahaha!


Jalan cerita tak memberikan sesuatu yang baru. Begitu mengalir tanpa beban. Subplot-subplot lain tentang backstory masing-masing karakter untungnya menurutku tampil dalam porsi yang pas. Penyelesaian semua konflik diakhir film terasa manis dan memuaskan, tentunya tetap dengan sentuhan khas Thailand yang selalu memancing tawa, haru sekaligus bahagia dalam satu waktu. Overall, CUTIES & THE FAKE (2020) sangatlah menghibur bagiku!


[8/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment