Sunday 5 March 2023

[Review] A Man Called Otto: Kisah Seru Saat Bertetangga Dengan Pria Tua Judes!



#Description:
Title: A Man Called Otto (2023)
Casts: Tom Hanks, Mariana Trevino, Manuel Garcia-Rulfo, Rachel Keller, Truman Hanks, Cameron Britton, Juanita Jennings, Peter Lawson Jones, Mack Bayda, Christiana Montoya, Alessandra Perez, Mike Birbiglia
Director: Marc Foster
Studio: Columbia Pictures, SF Studios, TSG Entertainment, Stage 6 Films, Sony Pictures


#Synopsis:
Setelah kematian sang istri, hidup Otto Anderson (Tom Hanks) terasa semakin sepi dan jauh dari kata bahagia. Di usianya yang sudah 63 tahun itu, Otto juga harus mendapat kenyataan jika komplek rumahnya terancam digusur oleh proyek pembangunan Apartment baru. Otto merasa hidupnya kini sudah tidak berarti lagi. Ia pun memutuskan untuk mengakhiri hidupnya dengan cara gantung diri.
Namun sayang, rencana tragis Otto tersebut terganggu dengan hadirnya tetangga baru di komplek yang sedang pindahan. Otto kesal melihat tetangga sebrang rumahnya itu begitu berisik dan tidak bisa memarkirkan mobil dengan baik. Ia kemudian keluar rumah untuk marah-marah sekaligus membantu tetangga barunya itu agar bisa parkir sesuai dengan ketentuan yang berlaku di komplek.
Tetangga baru yang bernama Marisol (Mariana Trevino) dan Tommy (Manuel Garcia-Rulfo) kemudian mengucapkan terima kasih pada Otto karena sudah bersedia menolong mereka. Setelah selesai membereskan rumah, Marisol yang tengah mengandung anak ketiganya itu datang ke rumah Otto dan memberikan makanan khas Meksiko yang ia buat.
Hari terus berlalu dan memasuki musim salju. Otto semakin frustasi setiap dirinya berdiam di rumah selalu teringat akan kenangan indah bersama mendiang istrinya, Sonya (Rachel Keller). Otto pun kembali merencanakan untuk bunuh diri dengan cara menghirup gas kendaraan sebanyak-banyaknya dan mengunci diri di dalam mobil. Awalnya rencana tersebut berhasil, namun terpaksa lagi-lagi gagal karena Marisol mengetuk garasi mobil untuk meminjam tangga milik Otto. Hal tersebut membuatnya marah dan mengatakan jika suami dari Marisol sangatlah tak berguna dan hanya membebani Marisol saja. Mendengar hal tersebut tak membuat Marisol kesal, ia sepertinya sudah memahami sikap dari Otto yang judes dan ketus terhadap apapun.
Suatu hari, listrik dan telepon yang ada di rumah Otto telah resmi dipadamkan. Otto merasa semakin hampa dan akhirnya pergi ke stasiun kereta untuk bunuh diri. Setibanya disana, Otto yang sedang berdiri dipinggir peron dan bersiap untuk loncat, seorang pria tua lainnya tiba-tiba saja jatuh ke rel. Otto terkejut dan kemudian menolong pria tua itu secepat mungkin. Aksi heroik yang dilakukan Otto banyak direkam oleh para penumpang di stasiun dan menjadi viral di sosial media. Lagi dan lagi rencana Otto untuk bunuh diri gagal.
Setelah kejadian itu, Otto bergegas pulang ke rumah dan menjemput Marisol untuk belajar mengendarai mobil. Sepanjang perjalanan, Otto dan Marisol berbincang satu sama lain. Meskipun sikap Otto sangat judes dan selalu marah-marah, tak membuat Marisol sakit hati. Ia justru senang karena bisa diajari mobil dengan tegas oleh Otto. Setelah selesai belajar mobil, Otto mengajak Marisol ke toko kue kesukaan mendiang istrinya. Disana, mereka berbincang lagi dan Marisol mengetahui tentang cerita para tetangga di komplek rumahnya termasuk hubungan persahabatan antara Otto dan Reuben (Peter Lawson James) bersama sang istri, Anita (Juanita Jennings) yang kini renggang gara-gara kesalahpahaman.
Suatu hari, rumah Otto kedatangan jurnalis yang ingin mewawancarainya perihal video viral aksi heroik Otto di stasiun kereta beberapa waktu lalu. Namun kehadiran jurnalis tersebut membuat Otto kesal karena tanpa sepengetahuannya. Marisol pun ikut terkena amarah Otto gara-gara dirinya yang berinisiatif mengundang jurnalis tersebut dan menceritakan tentang kisah mendiang istrinya.
Waktu terus berlalu, Otto menaruh curiga pada agen property yang sedang merencanakan pembangunan Apartment baru karena bisa mengetahui riwayat kesehatan dirinya dan juga para penghuni lain di komplek. Mereka memanfaatkan kondisi kesehatan dari Anita dan Reuben yang sudah berusia lanjut dan mengidap Parkinson untuk memindahkannya ke panti jompo. Otto bergegas meminta bantuan pada Marisol untuk memanggil jurnalis. Disaat yang bersamaan, Otto pun akhirnya menceritakan masa lalunya yang tragis dengan mendiang istrinya saat mereka sepulang dari berliburan.
Setelah berhasil melindungi hak-hak dari Anita dan Reuben, Otto memutuskan untuk bangkit dari keterpurukan dan melanjutkan hidupnya. Ia pun perlahan mulai merasakan kebahagiaan karena dianggap seperti keluarga oleh Marisol dan juga Tommy. Namun kebahagiaan yang dirasakan oleh Otto dan keluarga Marisol tak berlangsung lama. Sebuah kejadian tak terduga harus dialami mereka. Akankah kehidupan bertetangga di komplek bisa berakhir bahagia?


#Review:
Rumah produksi Sony Pictures membuka awal tahun 2023 ini dengan dua film yang memuaskan. Film pertama yaitu A MAN CALLED OTTO (2023) yang tayang pada awal Januari lalu karya sutradara Marc Foster. Alur cerita yang dihadirkan film ini surprisingly sangat ringan dan let it flow banget. Sang sutradara berhasil menghadirkan perasaan pada penonton seolah-seolah bertetangga langsung dengan Otto, Marisol, Anita dan yang lainnya.


Aku suka dengan development character dari orang-orang yang ada di komplek rumah itu. Masing-masing dari mereka mempunyai keunikan tersendiri dan sangat related dengan kehidupan bertetangga disekitar kita. Otto yang perfeksionis dan taat peraturan, kemudian Marisol dan keluarganya yang rame lalu Anita dan para tetangga lain yang selalu menghela nafas jika dimarahi oleh Otto hahaha.
Selain elemen komedinya yang bagus, film A MAN CALLED OTTO (2023) juga memiliki elemen drama yang tak kalah bagusnya. Interaksi antara karakter Otto dan Marisol menyimpan banyak kisah, termasuk cerita masa lalu dari Otto yang ternyata sangat pedih dan menyesakkan dada. Dibalik sikapnya yang judes, Otto juga masih menampilkan kepeduliannya terhadap orang-orang disekitar. Setiap hal yang dilakukan olehnya berhasil membuatku tersenyum dan menghangatkan hati penonton. Yang tak kalah mengejutkannya lagi, film ini juga menampilkan elemen lainnya yang cukup depresif dari karakter Otto. Penonton bisa melihat sebuah perspektif tentang seseorang yang bisa berubah drastis jika mengalami sebuah kejadian traumatis dalam hidupnya. Dengan hadirnya karakter Marisol, film ini berhasil menampilkan sisi positif dari bersosialisai hingga menimbulkan kepedulian dan rasa tolong menolong dalam kehidupan bertetangga.
Untuk jajaran pemain, Tom Hanks menurutku berhasil membayar rasa kecewa penonton terhadap film DISNEY PINOCCHIO (2022) lewat film ini. Hanks sukses membawa penonton ikutan baper saat mengetahui rasa kesedihan yang ia alami. Yang perlu di notice dan highlight juga tentunya aktris asal Meksiko yaitu Mariana Trevino. She's totally adorable! Setiap kemunculannya selalu membuatku tenang dan bahagia. Chemistry yang ia bangun dengan Hanks dan juga keluarganya begitu heartwarming. Salah satu penampilan supporting character paling berkesan di tahun ini!
Overall, film A MAN CALLED OTTO (2023) memberikan moral value yang hangat tentang sosialisasi dan kepedulian terhadap orang-orang disekitar kita. Percayalah, berbuat baik itu pasti akan mendapat kebahagiaan tak terhingga!


[8.5/10Bintang]

0 comments:

Post a Comment