Wednesday 25 December 2019

[Kaleidoskop] 13 Film Indonesia Paling Berkesan Di Tahun 2019


Produksi Film Indonesia yang ditayangkan di bioskop sepanjang tahun 2019 ini menurut catatan filmindonesia.or.id kurang lebih sebanyak 123 judul. Dari ratusan judul tersebut, seperti biasanya genre horror berada diurutan pertama yang paling banyak diproduksi. Untungnya beberapa judul film horror yang dirilis tahun ini terbilang cukup banyak yang hasilnya memuaskan. Di tahun 2019 ini juga, bisa dibilang tahun lahirnya Jagat Sinema untuk film-film superhero buatan Indonesia. Film GUNDALA (2019) karya Joko Anwar menjadi gerbang pembuka bagi Bumilangit Cinematic Universe. Ensemble cast untuk BCU ini sukses menggemparkan industri perfilman Indonesia karena dibintangi oleh aktor-aktris papan atas Indonesia.


Sekuel-sekuel dari film sukses pun mayoritas dirilis pada tahun ini. Diantaranya: Film DILAN 1991 (2019), MATA BATIN 2 (2019), YOWIS BEN 2 (2019), KUNTILANAK 2 (2019), SI DOEL THE MOVIE 2 (2019), MY STUPID BOSS 2 (2019), LOVE FOR SALE 2 (2019), TRINITY TRAVELER 2 (2019) dan HABIBIE AINUN 3 (2019). Pencapaian jumlah penonton film-film sekuel ini mayoritas berhasil menembus penonton diatas 500.000 penonton diseluruh bioskop Indonesia.
Beberapa judul film Indonesia yang dirilis di tahun ini juga sukses menjadi bahan perbincangan dimana-mana. Sebut saja film KELUARGA CEMARA (2019), GUNDALA (2019), DUA GARIS BIRU (2019), PEREMPUAN TANAH JAHANAM (2019) hingga yang terbaru kini film HABIBIE AINUN 3 (2019). Bahkan film DUA GARIS BIRU (2019) yang merupakan debut perdana Gina S. Noer sebagai sutradara film panjang menuai pro-kontra dikalangan masyarakat karena dituduh mensupport budaya pergaulan bebas untuk remaja. Namun semua orang yang kontra terhadap film itu DIBUNGKAM dengan prestasi gemilang film DUA GARIS BIRU (2019). Film yang dibintangi Angga Yunanda dan Adhisty Zara itu sukses meraih Piala Film Terpuji Festival Film Bandung 2019 dan Skenario Asli Terbaik Festival Film Indonesia 2019. Film selanjutnya yang diperbincangkan yaitu film HABIBIE & AINUN 3 (2019) karya sutradara Hanung Bramantyo. Kemunculan aktor Jefri Nichol yang hadir pada saat Gala Premiere film HABIBIE & AINUN 3 (2019) di Cinema XXI Plaza Indonesia beberapa waktu lalu sukses mencuri perhatian. Menurut sang sutradara yaitu Hanung Bramantyo, kehadiran Jefri Nichol di Gala Premiere itu karena statusnya kini menjadi bebas bersyarat. Jefri diperbolehkan untuk rawat jalan dan tak diharuskan lagi untuk rehabilitasi di RSKO Cibubur, Jakarta Timur.


Dari ratusan judul Film Indonesia yang tayang pada periode 1 Januari 2019 hingga 31 Desember 2019, aku sudah merangkum beberapa judul yang berhasil membuatku terkesan lengkap dengan deretan aktor, aktris, sutradara, skenario, poster hingga film-film Indonesia yang tak sesuai dengan ekspektasi dan paling mengecewakan di tahun ini. Berikut adalah daftarnya!


Film Indonesia Paling Berkesan Di Tahun 2019:

1. 27 Steps of May
Berkisah tentang kehidupan seorang wanita pasca menjadi korban kekerasan seksual. Film ini benar-benar mengajak para penontonnya untuk melihat psikologis dan rasa traumatis yang dirasakan oleh karakter May selama bertahun-tahun. Penampilan paling mengesankan dari aktris Raihaanun dan tak heran ia berhasil menyabet gelar Pemeran Utama Wanita Terbaik Festival Film Indonesia 2019.

Riri Riza menghadirkan sebuah film adaptasi dari film box office korea yaitu SUNNY. Yang awalnya nampak meragukan, tapi ternyata film ini sukses melampaui ekspektasiku. Ensemble casts tampil luar biasa dan mampu membangun sebuah kisah back-to-back dengan sangat memuaskan. 

Project besar yang akhirnya dikerjakan oleh Hanung Bramantyo dan Falcon Pictures. Sebuah film adaptasi dari buku masterpiece karya Pramudya Ananta Toer ini tampil tak "seberat" apa yang dibayangkan. Hanung berhasil menyajikan kisah hidup Minke dengan baik dan mudah dipahami. Penampilan Iqbaal Ramadhan, Mawar Eva, Sha Ine Febriyanti dan Jerome Kurnia sukses mencuri perhatian pecinta film Indonesia.

Debut perdana Gina S. Noer sebagai sutradara setelah hampir sepuluh tahun berada dalam comfort zone nya sebagai penulis skenario ini tampil sangat memuaskan dalam segala aspek. Teknis cerita, konflik, pemain, emosional, gambar hingga tata suara disajikan dengan matang dan luar biasa. Berkat film ini juga karier aktor dan aktris muda yakni Angga Yunanda dan Zara JKT48 semakin melesat dan diperhitungkan di industri perfilman Indonesia.

Tak disangka, debut perdana komedian Bene Dion sebagai sutradara film ternyata tampil begitu apik dan mengesankan. Berkisah tentang seorang penulis novel yang mendapatkan inspirasi untuk karya terbarunya dari sesosok hantu. Elemen drama horror komedinya terasa sangat fresh dan menurutku ini adalah film horror-komedi terbaik yang pernah dibuat di industri film Indonesia.

Film ke-5 dari Ernest Prakasa ini mengambil premis dan ide yang terbilang berani yakni soal insecure dan body shaming. Namun, tak perlu khawatir, ditangan Ernest dan sang istri berhasil menyajikan elemen drama dan komedi yang menyatu tanpa kehilangan moral value dan kelucuannya. Film terbaik dari Ernest setelah film MILLY & MAMET dan CEK TOKO SEBELAH!

Visinema Pictures dan Gina S. Noer adalah kolaborasi yang tak boleh dilewatkan. Film adaptasi dari sinetron legendaris ini sukses memberikan kisah rumah tangga Abah dan Emak yang mengharu-biru namun tetap memberikan kehangatan kepada penontonnya. Tak heran jika film ini menjadi film terlaris yang pernah diproduksi oleh Visinema Pictures.

Karya terbaru dari Garin Nugroho ini menghadirkan sebuah drama tentang perjalanan hidup seorang penari lengger yang dikemas sangat artistik dan nyeni. Performa sang aktor yakni Muhammad Khan berhasil meraih Piala Citra untuk kategori Pemeran Utama Pria Terbaik Festival Film Indonesia 2019.

Apa rasanya menjadi seorang penata rias pengantin untuk acara pernikahan sang mantan? Jawabannya bisa disaksikan dalam film dari produksi Visinema Pictures ini. Atiqah Hasiholan berhasil menyajikan permainan emosional yang apik dan mengesankan bersama dengan aktris senior Tutie Kirana.

Sutradara Joko Anwar akhirnya menghadirkan film thriller-horror terbarunya di Oktober lalu dengan premis dan ide yang original. Atmosfer horror yang dibangun film ini sungguh luar biasa menakutkan. Chemistry antara Tara Basro dan Marissa Anita pun tampil mencuri perhatian.

Penyanyi Tompi membuat sebuah film? Hasilnya adalah film PRETTY BOYS ini. Ia menggandeng dua host acara televisi populer yakni Vincent Rompies dan Desta untuk menjadi bintang utama film ini. Premis yang dihadirkan pun boleh dibilang unik dan menyentil industri pertelevisian saat ini.

Selain menggarap Danur Universe, sutradara Awi Suryadi pada April lalu menyajikan sebuah film horror adaptasi dari film horror korea berjudul SUNYI. Suasana horror, jumpscare serta ide cerita yang dihadirkan disini jauh lebih bagus dan apik ketimbang versi aslinya. 

Sebuah drama rumah tangga pasangan suami istri mapan adaptasi dari novel best seller karya Ika Natassa ini berhasil ditaklukan oleh duet maut Reza Rahadian dan Raihannun. Ditangan mereka, konflik yang sangat klise dan sederhana ini bisa dimainkan penuh cinta dan emosional. Apik! 


Film Indonesia Horror Paling Berkesan Di Tahun 2019:
  1. Kuntilanak 2
  2. Lampor: Keranda Terbang
  3. Makmum The Movie
  4. MatiAnak
  5. Perempuan Tanah Jahanam
  6. Pintu Merah
  7. Ratu Ilmu Hitam
  8. Si Manis Jembatan Ancol
  9. Sunyi
  10. Tabu: Mengusik Gerbang Iblis

Film Indonesia Drama Paling Berkesan Di Tahun 2019:
  1. Ambu
  2. 27 Steps of May
  3. Bebas
  4. Bumi Manusia
  5. Dua Garis Biru
  6. Eggnoid: Cinta & Portal Waktu
  7. Habibie Ainun 3
  8. Keluarga Cemara
  9. Mantan Manten
  10. Twivortiare

Film Indonesia Drama Komedi Paling Berkesan Di Tahun 2019:
  1. Bridezilla
  2. Ghost Writer
  3. Hit & Run
  4. Imperfect: Karier, Cinta & Timbangan
  5. Laundry Show
  6. Orang Kaya Baru
  7. Pretty Boys
  8. Preman Pensiun
  9. Yowis Ben 2

Film Internasional Paling Berkesan Di Tahun 2019:
  1. Avengers: Endgame
  2. Friend Zone
  3. Hotel Mumbai
  4. Happy Death Day 2U
  5. Aladdin
  6. Toy Story 4
  7. Once Upon a Time in Hollywood
  8. Parasite
  9. It Chapter Two
  10. Hustlers
  11. Joker
  12. Knives Out
  13. Dark Waters

Sutradara Paling Berkesan Di Tahun 2019:
  1. Anggy Umbara - Si Manis Jembatan Ancol
  2. Awi Suryadi - Sunyi
  3. Benny Setiawan - Twivortiare
  4. Ernest Prakasa - Imperfect: Karier, Cinta & Timbangan
  5. Garin Nugroho - Kucumbu Tubuh Indahku
  6. Gina S. Noer - Dua Garis Biru
  7. Hanung Bramantyo - Bumi Manusia
  8. Joko Anwar - Perempuan Tanah Jahanam
  9. Ravi Bharwani - 27 Steps of May
  10. Riri Riza - Bebas

Skenario Paling Berkesan Di Tahun 2019:
  1. 27 Steps of May
  2. 99 Nama Cinta
  3. Bebas
  4. Bumi Manusia
  5. Dua Garis Biru
  6. Imperfect: Karier, Cinta & Timbangan
  7. Keluarga Cemara
  8. Kucumbu Tubuh Indahku
  9. Mantan Manten
  10. Perempuan Tanah Jahanam

Poster Film Paling Berkesan Di Tahun 2019:
  1. Bebas
  2. Dua Garis Biru
  3. Eggnoid
  4. Keluarga Cemara
  5. Love For Sale 2
  6. Rembulan Tenggelam Di Wajahmu
  7. Twivortiare

Aktor Utama Paling Berkesan Di Tahun 2019:
  1. Abimana Aryasatya - Gundala
  2. Angga Yunanda - Dua Garis Biru
  3. Boy William - Laundry Show
  4. Jefri Nichol - Habibie Ainun 3
  5. Lukman Sardi - 27 Steps of May
  6. Marthino Lio - Move on Aja
  7. Muhammad Khan - Kucumbu Tubuh Indahku
  8. Oka Antara - Foxtrot Six
  9. Reza Rahadian - Imperfect: Karier, Cinta & Timbangan
  10. Ringgo Agus Rahman - Keluarga Cemara

Aktris Utama Paling Berkesan Di Tahun 2019:
  1. Atiqah Hasiholan - Mantan Manten
  2. Jessica Mila - Imperfect: Karier, Cinta & Timbangan
  3. Laura Basuki - Susi Susanti: Love All
  4. Maudy Ayunda - Habibie Ainun 3
  5. Maudy Koesnaedi - Si Doel The Movie 2
  6. Raihaanun - 27 Steps of May
  7. Raihaanun - Twivortiare
  8. Sha Ine Febriyanti - Bumi Manusia
  9. Widyawati - Ambu
  10. Zara JKT48 - Dua Garis Biru

Aktor Pendukung Paling Berkesan Di Tahun 2019:
  1. Ario Bayu - Perempuan Tanah Jahanam
  2. Arswendi Beningswara - Dua Garis Biru
  3. Baskara Mahendra - Bebas
  4. Bront Paralae - Gundala
  5. Jerome Kurnia - Bumi Manusia
  6. Morgan Oey - My Stupid Boss 2
  7. Randy Pangalila - Kucumbu Tubuh Indahku
  8. Verdi Solaiman - 27 Steps of May

Aktris Pendukung Paling Berkesan Di Tahun 2019:
  1. Adinda Thomas - 99 Nama Cinta
  2. Christine Hakim - Perempuan Tanah Jahanam
  3. Cut Mini - Dua Garis Biru
  4. Endhita - Ambu
  5. Karina Suwandi - Kuntilanak 2
  6. Lulu Tobing - Dua Garis Biru
  7. Marissa Anita - Perempuan Tanah Jahanam
  8. Shareefa Daanish - Imperfect: Karier, Cinta & Timbangan
  9. Sheila Dara Aisha - Bridezilla


Chemistry Paling Berkesan Di Tahun 2019:
  1. Angga Yunanda & Zara JKT48 - Dua Garis Biru
  2. Jefri Nichol & Maudy Ayunda - Habibie Ainun 3
  3. Jessica Mila & Sheila Dara Aisha - Bridezilla
  4. Marthino Lio & Asmara Abigail - Move on Aja
  5. Morgan Oey & Sheila Dara Aisha - Eggnoid
  6. Reza Rahadian & Jessica Mila - Imperfect: Karier, Cinta & Timbangan
  7. Reza Rahadian & Raihaanun - Twivortiare
  8. Tara Basro & Marissa Anita - Perempuan Tanah Jahanam
  9. Vincent Rompies & Desta - Pretty Boys
  10. Widyawati & Laudya Cynthia Bella - Ambu

Aktor-Aktris Paling Mencuri Perhatian Di Tahun 2019:
  1. Anggika Bolsterli - Twivortiare
  2. Kiky Saputri - Imperfect: Karier, Cinta & Timbangan
  3. Marissa Anita - Perempuan Tanah Jahanam
  4. Maizura - Bebas
  5. Onadio Leonardo - Pretty Boys
  6. Sheila Dara Aisha - Bridezilla
  7. Tissa Biani - Laundry Show
  8. Widuri Puteri Sasono - Keluarga Cemara

Film Indonesia Tidak Sesuai Ekspektasi:
  1. Antologi Rasa
  2. Danur 3 Sunyaruri
  3. Gundala
  4. Jeritan Malam
  5. Pocong The Origin
  6. Love For Sale 2
  7. Lukisan Ratu Kidul
  8. My Stupid Boss 2
  9. Orang Kaya Baru
  10. Perburuan
  11. Satu Suro
  12. Trinity Traveler 2

Film Indonesia Paling Mengecewakan:
  1. Kelam
  2. Perjanjian Dengan Iblis
  3. Ritual
  4. Roh Fasik
  5. Roy Kiyoshi: The Untold Story
  6. Tembang Lingsir
  7. The Sacred Riana: Beginning
  8. Uka-Uka The Movie

Original Soundtrack Paling Berkesan Di Tahun 2019:
  1. Ada Kau Ibu - Audy (OST Film Ambu)
  2. Bebas - Maizura, Sheryl Sheinafia, Maizura, Agatha Pricilla, Zulfa Maharani, Baskara Mahendra feat. Iwa K (OST Film Bebas)
  3. Cinta Yang Menemani - Rossa (OST Susi Susanti: Love All)
  4. Gema - Aurelie Moeremans (OST Foxtrot Six)
  5. Harmoni - Naura & Deva Danendra (OST Doremi & You)
  6. Harta Berharga - Bunga Citra Lestari (OST Keluarga Cemara)
  7. Kembali Ke Awal - Glenn Fredly (OST Twivortiare)
  8. Kamu & Kenangan - Maudy Ayunda (OST Habibie & Ainun 3)
  9. Pelukku Untuk Pelikmu - Fiersa Besari (OST Imperfect: Karier, Cinta & Timbangan)
  10. Terlalu Tampan - Iis Dahlia (OST Terlalu Tampan)

Punya jagoan sendiri dari daftar diatas? Yuk ikutan voting MovieMie Enthusiast: Film Indonesia Paling Berkesan Di Tahun 2019! Bisa berkesempatan memenangkan DUA TIKET NONTON FILM BIOSKOP GRATIS! Click here.

Untuk melihat Kaleidoskop MovieMie Enthusiast Film Indonesia Paling Berkesan tahun-tahun sebelumnya bisa klik disini.

0 comments:

Post a Comment